Tuesday , 10 December 2019

Fungsi Probiotik Lele No ratings yet.

Dalam artikel ini kami ingin membahas Fungsi Probiotik Lele. Terdapat beberapa metode yang biasa diterapkan dalam mengerjakan budidaya lele sangkuriang ataupun lele, dari mulai sistem organik, bioflok, dan masih banyak lagi teknik dan metode lainnya. Begitupun dengan metode mengelola kolam, tentu saja masing-masing punya kelebihan yang menjadi andalan. Beberapa pembudidaya mengaplikasikan probiotik untuk menjaga kondisi kolam, seperti mengatur pH air kolam, mengatur kadar oksigen terlarut pada kolam dan lain sebagainya.


Fungsi Probiotik Lele

Untuk menghasilkan panen lele dengan kualitas yang baik. dapat dilihat dengan pertumbuhan ikan yang optimal sehingga bisa segera panen, ukuran ikan seragam, dan tak bau lumpur atau tanah. Budidaya lele dapat memakai probiotik yang dicampur pakan. Dengan campuran probiotik dan pelet akan membuat metabolisme dan pencernaan ikan sempurna. Sebagian besar pakan yang masuk ke tubuh akan menjadi daging ikan.

Ada dua cara pengaplikasian probiotik yang dapat dimanfaatkan pembudidaya lele untuk mendongkrak hasil kolamnya. Pertama, probiotik untuk menggemburkan dasar kolam sekalian memelihara kualitas air. Probiotik ini cukup diguyurkan ke air kolam pada pagi hari setiap dua pekan sekali agar air selalu sehat, tak blooming dan penuh dengan plankton sebagai pakan alami.

Yang kedua, probiotik untuk memacu pertumbuhan ikan sendiri sekalian membentengi dari kemungkinan terkena penyakit atau stres. Probiotik itu harus dicampurkan ke pakan, baik pakan pelet ataupun daun-daunan .

Dengan adanya mikroba positif maka kolam menjadi lebih sehat dan ikan juga lebih kuat terhadap stres dan penyakit. Yang pasti, pertumbuhan ikan dapat betul-betul pesat karena probiotik juga menstimulasi nafsu makan.

Sejatinya probiotik ialah larutan berisi mikroba hidup yang menguntungkan bagi inang, dalam hal ini ikan budidaya. Mikroba itu antara lain kuman asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, beberapa golongan Bacillus, dan Pseudomonas. Sekian banyak keunggulan memang terdapat pada probiotik. Pada budidaya akuakultur, pemberian probiotik menekan perkembangan kuman patogen di lingkungan perairan yang menurunkan produktivitas. Hasil riset di Thailand dan Jepang semenjak 10 tahun silam menandakan hal itu. Penggunaan probiotik pada budidaya nila Tilapia nilotica menurunkan angka kematian ikan sebesar 5,2%. Hal itu diimbangi pula dengan peningkatan berat tubuh sebesar 46,3% dari sebelumnya 9,6% pada budidaya intensif.

Sekian artikel mengenaiĀ Fungsi Probiotik Lele

Smoga bermanfaat šŸ™‚

 

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!