Fungsi Bawang Putih Untuk Lele No ratings yet.

Dalam artikel kali ini kami ingin membahas tentang Fungsi Bawang Putih Untuk Lele. Siapakah yang tidak mengetahui bahwa bawang putih dan daun meniran bisa berfungsi sebagai penangkal penyakit? Kedua tanaman yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur itu rupanya juga berfungsi mencegah dan mengobati sejumlah penyakit. Dalam perkembangannya, diketahui bahwa rupanya kedua tanaman itu tidak hanya bisa digunakan untuk obat yang bermanfaat bagi manusia tapi juga binatang, salah satunya ikan. Sedangkan penyakit yang sering menyerang ikan dan menjadi momok para pembudidaya ikan lele yaitu penyakit MAS atau singkatan dari Motile Aeromonas Septicemea atau juga diketahui sebagai penyakit bercak merah (borok).


Fungsi Bawang Putih Untuk Lele

Daun dari tanaman meniran dan bawang putih bisa dipakai untuk mengobati penyakit Aeromonas hydrophila pada ikan lele (Clarias sp). Dalam bawang putih mengandung zat allicin yang mampu secara tepat sasaran membunuh bakteri atau kuman. Selain itu, juga mengandung sativin yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan. Daun meniran telah sejak lama diketahui sebagai obat tradisional. Meniran mengandung senyawa kimia kelompok lignan, flavonoid, alkaloid triterpenoid,dan senyawa kimia lain. Meniran termasuk jenias gulma yang tumbuh liar di tempat terbuka, tanah lembab, dan berbatu. Tanaman meniran gampang ditemukan juga karena hampir tersebar di segala Indonesia pada ketinggian sampai 1.000 meter di atas permukaan laut. Senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok lignan ialah filantin dan hipofilantin memiliki efek anti hepatotoksik, antiinfeksi, dan antivirus.

Bawang putih merupakan salah satu tumbuhan yang biasa diterapkan sehari-hari sebagai salah satu bumbu masakan. Bawang putih mengandung minyak atsiri yang baunya menyengat hidung (metil alil disulfida). Bagian bioaktif di dalam bawang putih salah satunya yaitu sulfida terdapat dalam jumlah banyak. Senyawa-senyawa tersebut antara lain dialil sulfida atau dalam bentuk teroksidasi disebut dengan allicin. Sama seperti senyawa fenolik lain, allicin mempunyai fungsi fisiologis yang amat luas, diantaranya antimikroba, antioksidan, antikanker, antromboting, antiradang, penurunan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol darah. Kemampuan bawang putih yang dapat berfungsi sebagai antimikroba mampu untuk menanggulangi atau mengobati serangan bakteri. Dengan pemberian ekstrak bawang putih yang mengandung L-allysistein mampu menekan laju infeksi Aeromonas hydrophila.

Sekian artikel mengenai Fungsi Bawang Putih Untuk Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!