Ciri Induk Nila Unggul

Halo Sahabat sangkuti alam melakukan proses budidaya ikan nila perli mengetahui ciri induk nila unggul sebagai upaya untuk menghasilkan benih unggulan. Perkembangan baik genetik maupun lingkungan budidaya ikan nila selalu ditingkatkan sepanjang hari.

ciri induk nila unggul

Permintaan pasar akan ikan nila yang tinggi menjadi penyebab utama para start up dan pembudidaya berlomba-lomba menciptakan trobosan baru untuk meningkatkan produktivitas kolam budidaya ikan nila. Kondisi pasar domestik bagi ikan nila cukup ramai, selain rasa yang lezat, ikan nila dicanangkan sebagai salah satu komoditas yang dapat menjamin ketersediaan sumber protein sekaligus memperbaiki gizi masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau. Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan yang dilengkapi  dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar potensial untuk produk perikanan baik pada perikanan air tawar maupun air laut. Berdasarkan beberapa riset dan observasi menunjukan bahwa tingkat konsumsi ikan perkapita Indonesia masih sangat rendah apabila kita coba bandingkan dengan konsumsi penduduk negara berkembang lainnya. Dibalik itu, angka konsumsi ikan perkapita di Indonesia yang terus meningkat. Hal ini dapat menajdi salah satu faktor yang mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia telah mengalami pergeseran paradigma pola konsumsi. Angka Konsumsi Ikan Nasional sejak tahun 2013- 2018 menunjukan adanya kenaikan rata-rata sebesar 7,37% per tahun. Pada tahun 2018 angka konsumsi ikan nasional telah mencapai 50,69 Kg/Kapita. Permintaan ikan nila pada pasar global telah mencapainila yang cukup tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dari data International Trade Center (ITC). Pada tahun 2018 total nilai impor ikan nila yang ada di pasar global mencapai USD 1.447.537.000,00 dengan presentase  kenaikan sebesar 6,75% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar USD 1.356.015.000,00.

Ciri induk nila unggul dapat dilihat berdasarkan beberapa parameter berikut:

  1. Memiliki pertumbuhan yang cepat
  2. Memiliki tingkat nafsu makan yang tinggi
  3. Tingkat kematangan gonad yang baik
  4. Resisten terhadap serangan penyakit dan hama
  5. Memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi

Ciri-ciri induk siap pijah :

  • Induk betina:
  • Memliki 3 buah lubang pada urogenetial (lubang dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urin)
  • kemerah-merahan pucat tidak jelas pada bagian ujung sirip
  • Telah berumur lebih dari 6 bulan
  • Memiliki tubuh dengan bobot lebih dari 250 gr dan panjang lebiih dari 22 cm
  • Fekunditas per pemijahan mencapai lebih dari 1000 dengan diameter telur lebih dari 2,5 mm
  • Produksi larva selama periode pemijahan lebih dari 750 ekor
  • Perut berwarna lebih putih jika di bandingkan jantan
  • Tidak mengeluarkan cairan saat distripping
  • Induk Jantan :
  • Memiliki 2 buah lubang urogenital yang terdiri dari lubang anus dan lubang sperma merangkap lubang urin
  • Ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang dan jelas
  • Perut berwarna kehitaman atau lebi gelap dari betina
  • Warna dagu kehitam-hitaman dan kemerah-merahan
  • Saat dilakukan proses striping akan mengeluarkan cairan
  • Memiliki bobot rubuh minimal 250 gr
  • Panjang tubuh minimal 25 cm
  • Umur minimal induk jantan yaitu 6 bulan

Kualitas induk yang unggul sangat dibutuhkan dalam melakukan usaha pembenihan ikan nila. Induk dengan kualitas unggul menjadi kunci keberhasilan proses pembenihan ikan nila. Pengertian dari usaha pembenihan ikan yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka melakukann pengembangbiakan berupa pemeliharaan calon induk maupun induk yang sudah siap di pijahkan, pemijahan / kawin atau proses transplantasi, penetasan telur, dan pemeliharaan larva, dilanjut pada pemeliharaan benih, hingga pada pemeliharaan bibit dalam lingkungan yang terkontrol. Kegiatan usaha ini merupakan sektor hulu yang mempersiapkan bahan baku produksi yang berkualitas. Produk akhir yang di harapkan berupa benih ika nila dengan kualitas unggul, dengan ukuran yang dapat disesuaikan oleh permintaan pembeli. Berdasarkan kriteria KKP benih unggul adalah benih yang responsif terhadap pemberian pakan (rasio konversi pakan/Food Convertion Ratio-nya tinggi) sehingga nantinya ikan cepat besar dan tidak boros pakan Pada dasarnya teknik dan cara pembenihan ikan nila sangat mudah dan harga ikan nila yang relatif stabil.

Upaya yang dapat dilakukan untuk memperoleh induk nila unggul yaitu dengan terlebih dahulu mengelola induk ikan nila. Adapun tahapan dalam mengelola induk ikan nila yaitu :

  1. Pemilihan induk ikan nila

Induk ikan nila yang di piliha merupakan induk dengan kualitas baik seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bakal calon indukan ikan nila yang baik dan tersertifikasi dapat diperoleh dari balai budidaya air tawar terdekat. Pembelian induk dari balai budidaya dapat meminimalisir induk dengan kualitas yang buruk

  • Pemeliharaan induk dan bakal calon induk ikan nila

Pemberian pakan dengan kebutuhan nutrisi yang sesuai bagi induk ikan nila yaitu, pakan dengan kadar protein berkisar 30-35%, dengan frekuensi pemberian pakan sebanyak 3 kali dalam sehari, dengan lama waktu pemeliharaan menyesuaikan bobot awal bakal calon indukan yang di tebar

  • Pengeloaan kualitas air

Induk ikan nila yang dipelihara dalam wadah pemeliharaan harus terhindar dari stress yang dapat menyebabkan menurunya kualitas telur maupun sperma pada ikan nila. Kualitas air yang sesuai untuk pemeliharaan induk ikan nila yaitu suhu berkisar 25-39oC dengan pH 6,5-8,5, total oksigen terlarut di dalam perairan lebih dari 5 mg/L.

Semoga bermanfaat untuk sahabat sangkuti, salam sukses dan semangat berbudidaya!

Baca Juga: Makanan Bibit Lele, Apa Saja?

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Moina sp dan Susu Bubuk

Halo sahabat sangkuti mimin mau tanya nih apakah sahabat sangkuti sudah mengenal hubungan antara Moina …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍