Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele

Dalam artikel ini kami ingin membahas tentang Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele.

Definisi penyakit dalam dunia perikanan
Penyakit didefinisikan sebagai suatu kondisi fisik, morfologi, dan atau fungsi yang mengalami perubahan dari kondisi normal yang disebabkan beberapa Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele terbagi atas dua kelompok yakni penyebab dari dalam (internal) dan luar (eksternal). Penyakit ikan biasanya berasal dari faktor eksternal.

Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele

Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele dalam Penyakit internal : genetik, sekresi internal, imunodefisiensi, syaraf dan metabolik.

Penyakit eksternal :
1). Non patogen

  • Penyakit lingkungan :temperatur dan kualitas air lainnya (pH, kelarutan gas, zat beracun).
  • Penyakit gizi : kekurangan gizi, gejala keracunan bahan pakan.

2). Patogen; bersifat parasit dan terdiri atas beberapa klasifikasi ialah :

  • Penyakit viral
  • Penyakit jamur
  • enyakit bakterial

Ikan Sehat Secara Eksternal

  • Gerakannya Aktif. Secara umum, ikan sehat jika dilihat secara fisik luar ( eksternal ) selalu bergerak aktif. Ikan memiliki sifat reotaksis positif dan negative. Dia selalu bergerak aktif baik itu melawan atau paralel arus perairan.
  • Nafsu makan tinggi. Ikan sehat selalu memiliki nafsu makan yang tinggi. Dengan begitu, asupan jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh ikan untuk menopang kehidupannya bisa terpenuhi secara maksimal. Pertumbuhan akan baik, reproduksi, pencernaan, serta semua sistem yang bekera pada fungsi kehidupan ikan akan berlangsung dengan baik.

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu dilihat untuk mengenai kondisi ikan yang sakit atau tidak prima:

  • Warna kulit yang cerah, tak berselaput ataupun mengeluarkan lendir yang berlebihan. Warna kulit yang mengkilap/hitam menggambarkan keadaan ikan yang tak sehat. Garis hitam vertikal yang betul-betul menyolok atau tegas menggambarkan ikan dalam keadaan stress yang berat. Jumlah garis ini berbeda-beda menurut varian ikan. Lazimnya berjumlah antara 7-18 bar. Garis hitam vertikal ini tak mempertimbangkan sakit tidaknya seekor ikan, namun sebagai parameter keadaan ikan dampak kaget, atau keadaan lingkungan yang tak pantas bagi ikan. Banyak ragam ikan yang memperlihatkan garis hitam vertikalnya dengan jelas.
  • Sisik pada ikan yang bersih dan tidak terkelupas, tidak berbintik putih dan berlendir terlalu banyak. Sirip ikan haruslah tampak bersih dan komplit. Sirip yang sobek, rusak, berjamur membuktikan ikan tidak sehat.
  • Bentuk tubuh ikan yang pas, tidak kurus yang terlihat dari ketebalan dahi/ jidat. Ikan yang tidak cacat jasmaniah, biasanya terlihat dari depan atau muka dimana sisi kiri dan kanan terlihat sama. Mulut ataupun bagian tubuh lainnya tidak ada yang lebih ke kiri atau ke kanan.

Ikan Sehat Secara Internal

  • Insang berwarna merah hati . bisa melakukan fungsinya untuk respirasi. Menyerap oksigen dan mengeluarkan carbondioksida.
  • Gelembung renang berisi udara, bersifat netral. Dgn begitu, ikan bisa tidur di dalam air tanpa tenggelam ke dasar periran atau mengambang ke permukaan

Ikan Sakit Secara Internal

  • Respirasi tak seimbang, produksi lendir berlebihan. Penyakit ni dikarenakan oleh suhu yang tak seuai dengan tubuh ikan.
  • Darah berwarna abu-abu kecoklatan, tak bisa mengikat O2 ( pada ikan ar tawar )
  • Terwujud lapisan cokelat pada insang sebab adanya necrosis pada lapisan epitheliumnya akibat protein dalam keadaan masam.
  • Kekurangan asam lemak pada nutrisi ikan menyebabkan terjadinya degenerasi lemak pada hati.

Kenalilah kondisi ikan secara cermat agar jika dapat mengambil tindakan yang diperlukan secara tepat dan cepat.

Sekian artikel mengenai Ciri Gejala Serangan Penyakit Ikan Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Lele Kolam Terpal Apa saja?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍