Cara Pendederan Lele di Kolam No ratings yet.

Persiapan cara pendederan lele di kolam
Sebelum bibit ditebarkan, persiapan yang harus dilakukan antara lain kolam dikeringkan selama beberapa hari untuk mempermudah pengolahan dan membunuh bibit-bibit penyakit yang ada di dalam kolam.
Pemupukan dan pengapuran kolam supaya pakan alami berupa plankton tumbuh. Kolam dipupuk menggunakan kotoran ternak sebanyak 200-300 gram/m², TSP dan urea masing-masing sebanyak 10 gram/m² dan kapur pertanian sebanyak 25-30 gram/m² atau disesuaikan dengan tingkat kesuburan lahan. Tujuan pemupukan dan pengapuran yakni untuk menaikkan tingkat keasaman tanah (pH), juga bisa membunuh bibi penyakit. Sistem pemupukan dan pengapurannya dengan cara menebarkan pupuk dan kapur secara merata ke seluruh permukaan dasar kolam. Lalu memasang saringan di pintu masuk dan keluar air. Tujuannya untuk menjaga supaya tidak ada hama yang masuk ke dalam kolam dan bibit ikan lele tidak kabur atau keluar dan kolam. Kolam diisi air setinggi 40-50 cm dan dbiarkan selama 7 hari supaya pakan alami tumbuh dengan sempurna.


cara pendederan lele di kolam

Penebaran benih dijalankan sesudah 7 hari dari pemupukan atau ketika pakan alami telah tersedia. Penebaran bibit dijalankan pada pagi atau sore hari. Penebaran mesti dijalankan dengan hati-hati supaya bibit ikan lele tak mengalami stress. Mutu air kolam pendederan perlu dijaga, metode paling tepat yakni penggunaan air mengalir menggunakan paralon secara terus menerus dengan debit air tak terlalu besar. Pada budidaya pendederan, mutu air tak terlalu cepat menurun. Hal ini dikarenakan ukuran ikan masih kecil, sehingga kotoran yang dihasilkan belum begitu banyak.

cara pendederan lele di kolam

Selama pemeliharaan lele diberikan pakan tambahan untuk mempercepat pelaksanaan pertumbuhan. Supaya pakan lebih efisien dan tepat sasaran, sebaiknya pemberiannya dijalankan dengan membiasakan di satu atau dua tempat saja.

Untuk memperkecil mortalitas atau kematian bibit, selama pemeliharaan mesti menjaga dari serangan hama dan penyakit. Hama yang biasanya menyerang ikan lele berupa belut, ular, atau ikan gabus. Pencegahan penyakit cukup dengan menjaga mutu dan kuantitas air kolam, dengan menghindari pemberian pakan yang berlebihan karena pakan yang berlebih akan menumpuk di dasar kolam dan bisa membusuk yang hasilnya menjadi salah satu sumber penyakit.

Demikian ulasan singkat mengenai cara pendederan lele di kolam, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!