Cara Merawat Larva Lele Yang Baru Menetas

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Merawat Larva Lele Yang Baru Menetas. Telor lele sangkuriang akan menetas sekitar 30 hingga 36 jam sesudah pembuahan pada suhu 23 – 24 derajat celsius. Pemeliharaan larva pasca penetasan telor dijalankan pada wadah penetasan telor yang dialiri air dan dilengkapi dengan aerasi yang tak terlalu kencang agar larva tak teraduk. Pemeliharaan larva dalam wadah dijalankan selama kurang lebih 4 hingga 5 hari tanpa diberikan pakan, karena larva pada kala itu masih memanfaatkan kuning telor yang ada dalam tubuh larva itu sendiri sebagai sumber makanannya.

 

Cara Merawat Larva Lele Yang Baru Menetas

Menjelang hari ke-5 dan seterusnya kuning telor dalam tubuh larva sudah habis, larva selanjutnya dipindahkan ke dalam kolam untuk dipelihara lebih lanjut. Pemeliharan larva dalam kolam dilaksanakan semenjak ikan memasuki usia 5 hari sampai 21 hari.

Selama dalam pemeliharaan di dalam kolam, larva usia 5 hari diberi pakan cacing sutra. Sebelumnya cacing sutra tersebut dicacah  terlebih dulu sebab ukuran bukaan mulut ikan yang masih kecil. Pemberian cacing sutra cincang hingga larva berumur 12 hari. Jumlah pakan yang diberi sebanyak 50 gr setiap kali pemberian pakan pada pagi dan sore hari. Sesudah ikan berumur lebih dari 12 hari selanjutnya larva diberi pakan cacing sutra utuh dengan jumlah pakan sebanyak 75 gr setiap kali pemberian pakan pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan, selama masa pemeliharaan larva lele sangkuriang diberi pakan alami dan pakan tambahan. Biasanya pemberian pakan alami disesuaikan dengan ukuran bibit. Efektivitas pertumbuhan bibit yang memakan plankton alami berkisar 2 hingga 3 minggu semenjak ditebar ke kolam. Pakan tambahan diberi dengan dosis 3% hingga 5% dari bobot populasi ikan dan diberi 2 hingga 3 kali sehari, pemberiannya dimulai semenjak hari kedua setelah bibit ditebar.

 

Penting untuk selalu memperhatikan kondisi larva ikan dan lingkungan selama pemeliharaan dalam kolam dengan melihat gejala-gejala bahwa ikan terserang hama penyakit atau tidak. Seandainya dilihat dari gerakannya yang normal dan nafsu makan yang relatif tinggi menandakan keadaan ikan sehat dan normal. Jika keadaan ikan dalam keadaan yang prima selama dalam pemeliharaan, larva ikan lele sangkuriang konsisten dikasih perawatan sebagai upaya pengaturan hama penyakit untuk pencegahan. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup larva, maka lingkungan yang baik mesti konsisten terjaga.

Sekian artikel mengenai Cara Merawat Larva Lele Yang Baru Menetas

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Membuat Aquaponik Lele

Kali ini kami ingin membahas Cara Membuat Aquaponik Lele. Dengan teknik pembudidayaan lele sangkuriang dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!