Cara Meningkatkan Oksigen Terlarut Pada Budidaya Lele No ratings yet.

Air mengandung oksigen dalam jumlah yang tertentu, tergantung dari keadaan air itu sendiri. Oksigen juga memegang peranan penting sebagai indikator mutu perairan, karena oksigen terlarut berperan dalam oksidasi dan reduksi bahan organik dan anorganik dalam air. Selain itu, oksigen juga mempengaruhi kondisi biologis yang dilakukan oleh organisme. Peran oksigen yakni untuk mengoksidasi bahan organik dan anorganik sehingga dapat menghasilkan nutrien yang bisa memberikan kesuburan pada lingkungan perairan. Sebagaimana diketahui bahwa oksigen berperan sebagai pengoksidasi dan pereduksi bahan kimia berbahaya menjadi senyawa lain yang lebih simpel dan tak berbahaya. Disamping itu, oksigen juga amat dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk pernapasan. Sebaiknya pembudidaya lele mengetahui cara meningkatkan oksigen terlarut pada budidaya lele supaya air kolam lele semakin berkualitas.


cara meningkatkan oksigen terlarut pada budidaya lele

Proses oksigen masuk ke dalam air antara lain dengan cara diffusi oksigen dari udara ke dalam air melewati permukannya, yang terjadi karena adanya gerakan molekul-molekul udara yang tak berurutan karena terjadi benturan dengan molekul air sehingga oksigen terikat di dalam air. Proses diffusi ini akan senantiasa terjadi bila pergerakan air yang sanggup mempengaruhi oksigen, karena kandungan oksigen di dalam udara jauh lebih banyak. Tercapainya keseimbangan oksigen di air dan di udara, tergantung dari jumlah molekul zat (garam) yang larut di dalam air (dalam kadar tertentu), karena hal tersebut yang dapat memastikan kemungkinan terbentuknya molekul-molekul dan memastikan pula jumlah banyaknya molekul-molekul gas yang meninggalkan air. Makin tinggi temperatur air, makin rendah pula jumlah oksigen yang terkandung atau terikat oleh air. Oleh karena itu ketika temperatur air tinggi, maka air tersebut dengan kadar oksigen yang rendah saja telah bisa seimbang dengan udara, sehingga penambahan oksigen tak akan meningkatkan oksigen terlarut dalam air.

cara meningkatkan oksigen terlarut pada budidaya lele

Di perairan alami, proses masuknya oksigen ke dalam air terjadi karena air yang masuk sudah mengandung oksigen, selain itu dengan aliran air, pergerakan air sanggup menunjang terjadinya difusi oksigen dari udara ke dalam air. Hujan yang jatuh, secara tak langsung akan meningkatkan oksigen di dalam air. Pertama suhu air akan turun, sehingga kesanggupan air mengikat oksigen meningkat, berikutnya bila volume air bertambah dari gerakan air, pengaruh jatuhnya air hujan akan sanggup meningkatkan oksigen di dalam air. Tanaman air yang seluruh batangnya ada di dalam air pada waktu siang hari akan melakukan asimilasi, dan akan menambah kadar oksigen di dalam air. Ketika malam hari tanaman tersebut memakai oksigen yang ada di dalam air. Fungsi oksigen di dalam air antara lain pernapasan binatang dan tanaman air dan menetralkan bahan-bahan organik yang ada di dalam air.

Demikian ulasan singkat mengenai cara meningkatkan oksigen terlarut pada budidaya lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!