Thursday , 12 December 2019

Cara Mengukur Pertumbuhan Ikan Budidaya No ratings yet.

Budidaya ikan erat kaitannya dengan meningkatkan pertumbuhan ikan hingga mencapai ukuran atau berat yang diharapkan. Semakin cepat laju pertumbuhan, semakin besar pula kesempatan pembudidaya untuk menekan biaya produksi. Hal ini akan berdampak pada keuntungan yang akan diperoleh pembudidaya di akhir jangka waktu pemeliharaan atau masa panen. Banyak orang berpendapat, cara mengukur pertumbuhan ikan budidaya erat kaitannya dengan banyaknya pakan yang diberikan walaupun kedua aspek ini tidak selalu berjalan berbarengan. Dalam aspek budidaya ikan lele, pakan menempati porsi yang amat besar dalam keseluruhan biaya produksi yang dikeluarkan. Pertumbuhan ikan erat kaitannya dengan faktor internal dan eksternal. Faktor internal berhubungan dengan ikan itu sendiri seperti usia, dan sifat genetis ikan, sementara faktor eksternal meliputi lingkungan tempat ikan hidup, antara lain kondisi fisik, biologis, dan kimiawi air. Kinerja pertumbuhan ikan amat dipengaruhi oleh jumlah pakan yang diberi. Hal ini karena jumlah pakan yang diberikan menjadi aspek yang relatif mudah diukur dibandingkan aspek lainnya. Di samping itu, pakan juga menempati porsi paling tinggi dalam biaya operasional budidaya ikan yang bisa mencapai 60 hingga 70 % dari seluruh biaya yang dikeluarkan.


cara mengukur pertumbuhan ikan budidaya

Berikut ini ialah beberapa faktor yang menjadi patokan untuk mengukur kinerja budidaya ikan, antara lain:

Pertumbuhan mutlak
Pertumbuhan mutlak ialah selisih antara bobot akhir ikan dengan bobot awal sebelum budidaya. Satuannya ialah gram atau kilogram. Angka ini cuma mengukur besarnya pertambahan bobot ikan selama masa pemeliharaan, tanpa mempertimbangkan aspek lainnya, seperti banyaknya pakan yang diberi, lama masa pemeliharaan, dan lainnya.

Penambahan bobot harian rata-rata
Berbeda dengan pertumbuhan mutlak, penambahan bobot harian rata-rata merujuk pada pertambahan bobot ikan setiap harinya secara rata-rata. Jadi, angka penambahan bobot harian rata-rata memperhitungkan lamanya masa pemeliharaan ikan.

Konsumsi pakan harian
Konsumsi pakan harian adalah jumlah pakan yang dihabiskan setiap harinya. Angka ini sudah memperhitungkan muatan ikan pada awal masa pemeliharaan, muatan ikan akhir masa pemeliharaan, dan lamanya waktu pemeliharaan.

Efisiensi pemberian pakan
Konsumsi pakan yang tinggi belum tentu memperlihatkan tingginya produktivitas pertumbuhan ikan. Boleh jadi, konsumsi pakan tinggi tapi pertumbuhan ikan lambat. Pemberian pakan dikatakan efisien kalau jumlah pakan yang diberikan sebanding dalam memperoleh pertambahan bobot ikan secara maksimal. Efisiensi pakan 90% artinya cuma 90% dari pakan yang diberikan menjadi pertambahan bobot ikan yang dipelihara.

Rasio konversi pakan (feed conversion ratio, FCR)
Rasio konversi pakan merupakan perbandingan antara jumlah pakan yang dihabiskan dengan laju pertumbuhan ikan. Umumnya, rasio konversi pakan bernilai di atas angka 1. Kian kecil angka rasio ini, kian besar efisiensi pemberian pakan. Pada budidaya ikan lele sistem bioflok, angka atau rasio konversi pakan ini bisa bernilai di bawah 1. Hal ini karena di samping pakan yang diberikan, ikan memanfaatkan bakteri yang melimpah sebagai sumber makanannya. Dengan demikian, bakteri yang sumber makanan tersebut menolong pertumbuhan ikan di samping dari sumber pakan utamanya.

Kelangsungan hidup benih (survival rate)
Angka kelangsungan hidup benih menunjukkan tinggi rendahnya benih bisa bertahan hidup selama masa pemeliharaan hingga masa panen. Semakin tinggi tingkat kelangsungan hidupnya, maka semakin besar juga jumlah ikan yang bisa dipanen. Dengan demikian, kian besar peluang pembudidaya dalam mendapatkan keuntungan.

cara mengukur pertumbuhan ikan budidaya

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengukur pertumbuhan ikan budidaya, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!