Cara Mengobati Penyakit Kuning Lele

Pada artikel ini kami akan membahas Cara Mengobati Penyakit Kuning Lele. Insang kekuningan (sesungguhnya kecoklatan, tak merah tua cerah seperti normalnya), karena kadar nitrit dalam kolam yang terlalu tinggi. Artinya, amoniak yang diubah menjadi nitrit belum cukup diubah oleh kuman nitrobacter menjadi nitrat. Nitrit ini masuk ke dalam darah ikan melaui insang, berikatan dgn butir darah merah (hemoglobin) sehingga butir darah merah tersebut tak total mengikat oksigen. Oleh karena itu organ-organ kekurangan oksigen, ikan akan kesulitan bernapas dan pada akhirnya mati.

Cara Mengobati Penyakit Kuning Lele

Penyakit ini dikenal sebagai “brown blood disease” karena darah ikan akan berwarna kecoklatan. Cara mengatasinya: kurangi pakan atau puasakan sehingga produksi kotoran atau nitrit menurun dan ganti air secara bertahap, lalu tambahkan probiotik untuk menambah kepadatan bakteri nitobakter. Untuk menguraikan sisa pakan (protein) diperlukan oksigen yang diambil dari air sehingga oksigen terlarut turun. Brown blood disease sumber penyebabnya ialah kadar nitrit yang tinggi di kolam. Walaupun kadar oksigen terlarut dalam kolam tinggi, ikan tetap kesulitan bernapas karena oksigen tak dapat diserap dengan baik oleh insang dan oksigen yang telah terserap oleh insang pun tak maksimal dapat dikirim ke organ-organ vital ikan karena hemoglobin tertutup oleh nitrit.

Metode pencegahan penyakit kuning

  • Pemberian pakan yang layak (kualitas dan kuantitas) disesuaikan dengan tipe, sifat, umur, serta aktivitas ikan yang dibudidayakan.
  • Menambahkan vitamin dan mineral untuk melengkapi nutrisi yang kurang.
    Hindari pemberian pakan yang berasal dari limbah peternakan ayam dan ikan runcah yang telah mengalami degradasi lemak.
  • Penggantian air yang lebih sering

Penyebab penyakit ini dikarenakan oleh nutrisi pakan yang buruk. Salah satunya yaitu pakan yang kadaluarsa atau pakan yang disimpan di tempat lembab.

Sebagian pengalaman para pembudidaya mengatakan penyakit ini juga dapat terjadi imbas pemberian jeroan dan ikan rucah-rucah secara berlebihan dan terus menerus.

Oleh karena itu pakan ikan lele perlu diselang seling agar terhindar dari penyakit kuning. Selain itu pemberian pakan dengan metode selang-seling menjaga nafsu makan ikan konsisten dan terkontrol sehingga ikan menjadi sehat dan bobotnya maksimal.

Sekian artikel mengenai Cara Mengobati Penyakit Kuning Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Lele Kolam Terpal Apa saja?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍