Cara Mengobati Aeromonas Pada Lele No ratings yet.

Dalam artikel kali ini kami ingin membahas tentang cara mengobati aeromonas pada lele. Salah satu tipe penyakit yang kerap menyerang lele adalah penyakit aeromonas. Aeromonas adalah penyakit yang acap kali dihadapi para pembudidaya ikan lele. Tak hanya ikan lele, aeromonas juga sering menyerang tipe ikan lainnya.


Tentu saja serangan bakteri aeromonas pada ikan akan menyebabkan produksi tak optimal. Malahan tak jarang serangan aeromonas mengakibatkan kematian masal pada ikan. Oleh karena itu perlu menjadi perhatian karena pembudidaya ikan lele akan mengalami kerugian.

cara mengobati aeromonas pada lele

Serangan aeromonas pada ikan lele lazimnya terkait dengan buruknya kualitas air kolam. Selain itu pemicu serangan aeromonas ialah perubahan temperatur yang ekstrim serta kepadatan ikan yang terlalu tinggi.

Ikan yang terserang aeromonas akan ditandai dengan gejala sebagai berikut :

  • Terdapat bercak merah pada dada, perut, dan pangkal sirip,
  • Berkurangnya selaput lendir (mucus),
  • Sisik rusak dan rontok
  • Sirip punggung, dada dan ekor rusak dan pecah-pecah, menyebabkan ikan lemah dan kehilangan keseimbangan.

Mengatasi Penyakit Aeromonas

Untuk menyembuhkan aeromonas, kebanyakan pembudidaya ikan memakai obat berbahan kimia. Kelemahan obat kimia ialah bila digunakan secara terus menerus dalam kurun waktu yang cukup lama dapat berakibat buruk pada lingkungan budidaya itu sendiri.

Disamping itu pengaplikasian obat kimia dengan dosis yang tidak ideal akan menyebakan resistensi pada ikan. Sebagai pengganti obat kimia, pembudidaya ikan bisa mengaplikasikan tepung berbahan daun meniran (Phylanthus urinaria) dan bawang putih (Allium sativum) yang pada dasarnya merupakan bahan alami.

Daun meniran dan bawang putih diketahui bermanfaat untuk mencegah infeksi virus dan kuman, serta mendukung cara kekebalan tubuh. Menurut penelitian para ahli, penggunaan daun meniran dan bawang putih pada ikan yang terkena penyakit Aeromonas dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup ikan sampai 25-30%. Hal ini tentu menjadi pertanda baik bagi para pembudidaya.

Cara membuat obat dari tepung daun meniran dan bawang putih ini malah relatif mudah. Daun meniran dibersihkan lalu dikeringkan tanpa terkena cahaya matahari selama 3 – 4 hari. Setelah kering kemudian dihaluskan dengan memakai blender.

Adapun metode pengobatannya yakni dengan mencampur tepung daun meniran dan tepung bawang putih dengan pakan (pellet). Perbandingan daun meniran dengan bawang putih yang diterapkan yakni 2 : 1.

Hasil dari penelitian, pemakaian dosis 2,1% tepung meniran dan bawang putih yang dicampur pada pakan, efektif untuk pencegahan infeksi Kuman Aeromonas hydrophila pada ikan lele.

 

Sekian artikel mengenai Cara Mengobati Aeromonas Pada Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!