Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Lele yang Baik

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Lele

Dalam artikel ini kami membahas bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Lele yang Baik. Dalam pemberian pakan, efisiensi pemberian pakan menjadi sangat penting karena sangat mempengaruhi tingkat keuntungan. Lele budi daya mempunyai konversi pakan yang berbeda, tergantung pada spesies, umur, ukuran, pakan, dan kondisi lingkungan. Efisiensi pemberian pakan diketahui dengan menghitung rasio konversi pakan (RKP) atau FCR (feed convertion ratio), rasio efisiensi protein (REP) atau PER (protein efficiency ratio), efisiensi pakan, retensi protein, dan retensi lemak.

 

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Lele

Yang paling umum dan mudah adalah menghitung RKP, yaitu jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan lele 1 kg. Jika untuk menambah berat lele 1 kg dibutuhkan 1 kg pakan, berarti nilai RKP-nya 1 (satu). Semakin kecil nilai RKP

menunjukkan pakan yang digunakan semakin baik. Pada budi daya lele unggul dengan menggunakan pakan buatan berupa pellet, konversi pakannya cukup rendah. RKP lele dumbo antara 1 1,5, sedangkan lele sangkuriang antara 0,8 -1.

Semakin kecil nilai RKP menunjukkan pakan yang digunakan sangat baik “ntUk menunjang pertumbuhan lele budi daya. Sebaliknya, semakin besar nilai RKP menunjukkan pakan yang digunakan tidak baik untuk memacu pertumbuhan

lele budi daya. Untuk menghitung RKP, REP, efisiensi protein, retensi protein, dan retensi lemak dapat menggunakan rumus-rumus berikut.

 

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Lele yang Baik

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia Permintaan lele konsumsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!