Cara Menghilangkan Lumut Pada Air Kolam Lele

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Menghilangkan Lumut Pada Air Kolam Lele. Kolam merupakan sarana yang amat penting dalam hal melakukan usaha pembenihan ikan, tanpa ada kolam artinya tidak ada yang namanya budidaya ikan, kolam bisa dengan mudah dibuat, tapi bukan berarti setelah jadi dibuat dapat begitu saja bisa langsung ditebarkan benih ikan. Ada beberapa hal  yang akan kita temui dalam usaha pembenihan ikan lele, seperti lumut pada kolam, dan tentu saja hal itu amat mengganggu, mau tidak mau sudah seharusnya lumut tersebut dibersihkan jika tidak maka larva atau benih ikan lele akan mati, sebab lumut – lumut tersebut akan membuat larva atau benih ikan tersangkut.

 

Cara Menghilangkan Lumut Pada Air Kolam Lele

Bukan hanya saja dapat memberikan masalah pada benih, tetapi, lumut ini juga amat mengganggu pada saat panen benih ikan lele. Ketika menjaring benih ikan lele yang bercampur dengan lumut kita akan mengalami kesulitan ketika hendak memisahkannya. Kehadiran lumut dapat disebabkan oleh kandungan nutrient di air, akan tetapi kebanyakan disebabkan oleh terpaan cahaya matahari yang amat terik. Oleh karena itu, terhadap semua pembudidaya ikan lele diharapkan dapat mengendalikan laju pertumbuhan lumut pada tempat pemeliharaan ikan lele.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhan lumut pada kolam, diantaranya yakni:

1. Ada pengendapan sisa pakan ikan yang berlebih di dasar kolam
2. Penerapan pupuk kandang yang berlebihan
3. Intensitas matahari yang terlalu tinggi
4. Banyaknya bahan organik di dalam kolam

Cara mengatasi lumut pada kolam ada beberapa tahapan, yakni:

 

1. Dengan menambah volume air dalam kolam, tetapi, tidak cukup itu saja, sebab matahari masih menembus hingga ke dasar kolam.

2. Taburkan pupuk ke dalam kolam dan biarkan selama 5 hingga 7 hari. Usahakan untuk menggunakan pupuk yang higienis, pupuk terbaik bukan berasal dari kotoran hewan.

3. Pasanglah paranet di atas kolam, pilih sesuai dengan keperluan, sebab paranet dapat dilihat dari kerapatannya, seperti jenis paranet; Paranet 45%, 50%, 65%, 75%, 80%, dan 90%. Semakin rapat ukuran paranet maka akan semakin baik, sebab akan menekan laju pertumbuhan lumut dengan melindungi kolam dari pancaran sinar matahari.

4. Pakai plastik hitam atau baisanya disebut plastik mulsa, hal ini bertujuan untuk meminimalisir cahaya matahari yang masuk, tetapi suhu kolam akan menurun dan dapat memberi pengaruh terhadap laju pertumbuhan lele.

Namun tidak perlu kawatir karena plastik hitam tersebut masih dapat menyerap cahaya, sehingga kualitas air dapat terjaga.

Sekian artikel mengenai Cara Menghilangkan Lumut Pada Air Kolam Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!