Cara Mengganti Air Kolam Lele No ratings yet.

Salah satu aktivitas yang perlu diperhatikan dalam budidaya lele baik pembesaran ataupun pembenihan adalah cara mengganti air kolam lele atau mengurangi air dalam jumlah tertentu secara teratur. Penggantian air dibutuhkan untuk memproses ulang bakteri yang terdapat di dalam kolam, ketika ikan lele mulai terserang penyakit.


Mengganti air kolam dapat mengurangi racun dan amoniak dari sisa pakan dan metabolisme yang menimbulkan bau menyengat di dalam kolam. Dengan melakukan penggantian air kolam secara teratur maka amoniak dan racun yang terdapat dalam kolam akan berkurang.

cara mengganti air kolam lele

Salah satu tanda air kolam sudah harus diganti adalah ketika ikan lele sudah terlihat tidak nyaman yang ditandai dengan menurunnya nafsu makan. Penggantian air kolam lele dapat dilakukan ketika air sudah berbau tidak sedap. Selain itu ketika hendak mengganti air kolam lebih baik melakukan seleksi besar kecilnya ikan lele, Bila menemukan ikan lele yang berukuran tidak seperti biasanya maka sebaknya diambil dari kolam dan pisahkan. Hal ini karena ikan lele memiliki sifat kanibal yang dimana ikan yang memiliki ukuran lebih besar akan memangsa ikan yang lebih kecil.

cara mengganti air kolam lele

Sebelum proses penggantian air dilakukan sebaiknya melihat kondisi lele terlebih dahulu dengan cara memperhatikan gerakan dari lele. Cara penggantian air kolam lele yang baik sebaiknya pagi atau sore hari. Sebelum penggantian air sebaiknya puasakan lele minimal 12 jam. Jika mengganti air saat sore hari, sebaiknya lele jangan diberi makan saat pagi hari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar lele tidak stres. Jika lele sudah diberi makan ketika penggantian air, maka lele akan muntah akibat perubahan suhu.

Buanglah air kolam sebanyak 30 hingga 50 persen kemudian ditambahkan dengan air yang baru. Setelah penggantian air, ikan lele jangan diberi makan terlebih dahulu selama 1 x 24 jam agar tidak stress dan mati. Penggunaan probiotik sangat dianjurkan setelah melakukan penggantian air kolam. Hal ini bertujuan untuk membantu perkembangan bakteri baik sehingga air kolam lele berkualitas baik.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengganti air kolam lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!