Cara Mengatasi Lele Kembung

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Mengatasi Lele Kembung. Lele kembung merupakan salah satu penyakit yang bisa memunculkan gangguan pertumbuhan pada ikan lele, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh organisme lain, pakan, maupun keadaan lingkungan yang kurang mendukung kehidupan ikan lele. Lele yang menderita perut kembumg biasanya akan mengambang dipermukaan, lele tersebut berbeda dengan lele yang mengambang, berdiri. Lele malas bergerak dan bila bergerak, gerakanya pun amat lambat dan juga tidak mau makan.

 

Cara Mengatasi Lele Kembung

Keadaan seperti ini jika tak waspada atau jika dibiarkan maka benih lele akan mati walaupun dengan jangka waktu yang lama. Penyebab dari kondisi ini dikarenakan daya tahan benih ikan lele menurun dan bersamaan dengan datangnya penyakit dan setelah daya tahan menurun yang semula bakteri yang berada dalam tubuh ikan tersebut positif berubah menjadi bakteri negatif yang berbahaya dan dapat mengakibatkan perut kembung pada ikan lele.

Dengan demikian timbulnya serangan penyakit ikan di kolam merupakan hasil interaksi yang tidak selaras antara ikan, kondisi lingkungan dengan organisme penyakit. Interaksi yang tidak selaras ini telah menyebabkan stress pada ikan, sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjadi lemah sehingga mudah diserang oleh penyakit.
Salah satu penyakit yang menyerang ikan lele merupakan terjadinya pembengkakan dibagian perutnya. Dan kalau hal ini terjadi pada ikan lele yang dipelihara, maka mesti langsung dijalankan penanganan yang intensif.

 

Lele banyak yang mati dengan kondisi perut kembung, bahkan dapat menyerang hampir semua ikan dalam satu kolam yang sama. Perut kembung pada lele biasanya disebabkan oleh pemberian makanan atau pelet yang kurang tepat. Pemberian pakan wajib memenuhi standar agar benih lele bisa tumbuh maksimal dan sehat. Lele dikenal sebagai ikan yang rakus. Saat memberikan pakan lele yang berlebihan, lele akan terus makan hingga perutnya penuh hingga pada akhirnya terjadi permasalahan pencernaan. Ini adalah salah satu yang menyebabkan lele kembung dan lama-kelamaan akan mengakibatkan kematian.

Penyebab Turunya Daya Bendung Pada Ikan Lele

  • Tekanan gas di dalam air berlebihan sehingga mengakibatkan “emboli” (penumpukan gas dalam gelembung renang atau perut)
  • Tak stabilnya antara pH lingkungan dengan pH di dalam darah ikan.
  • Salah satu jenis bakteri dapat menyebabkan perut membesar

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi Lele Kembung antara lain:

  • Pisahkan lele yang sakit pada kolam yang terpisah dengan lele sehat,
  • Alirkan air secara terus menerus hingga volume 80%
  • Tambahkan 1 sendok teh garam per 1 galon air kolam,
  • Berikan pakan lele sedikit saja
  • Berikan antibiotik pada kolam lele.
  • Perlakuan di atas dapat diterapkan pada lele kecil ataupun lele besar. Sebetulnya langkah yang lebih baik dilakukan yakni dengan mencegah sebelum penyakit tersebut timbul.

Pencegahan

  • Usahakan air kolam dalam kondisi baik
  • Kolam dapat diganti airnya secara teratur
  • Berikan pupuk organik
  • Berikan pakan yang berkualitas, mempunyai nilai nutrisi yang komplit
  • Jangan terlalu berlebihan pada waktu pemberian pakan

Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Lele Kembung

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!