Cara Membuat Pakan Lele Dari Ikan Rucah No ratings yet.

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Membuat Pakan Lele Dari Ikan Rucah. Seperti kita ketahui bahwa untuk menekan biaya produksi dalam usaha budidaya lele faktor yang bisa kita kurangi adalah biaya pemberian pakan. Karena biasanya biaya pakan menghabiskan sekitar 30 persen dari total biaya operasional dalam usaha budidaya lele.


Cara Membuat Pakan Lele Dari Ikan Rucah

Ikan rucah adalah Ikan yang tidak dimanfaatkan secara optimal baik dari segi pengolahan maupun dari segi permintaan pasar. Biasanya ikan rucah memiliki harga lebih murah dari ikan yang segar atau belum rusak. Ikan rucah dimanfaatkan kembali oleh sebagian orang untuk dijadikan pakan ternak seperti pakan bebek dan bahan pembuatan pelet ikan khususnya lele.

Ikan rucah ini merupakan ikan-ikan yang tidak cocok untuk konsumsi. Mereka ikan kecil yang ikut serta terjaring pada saat nelayan mencari ikan-ikan yang layak jual seperti tongkol, tuna, dan lainnya. Saat ini keberadaan ikan rucah memang sangat jarang sebab penggunaan alat tangkap cantrang yang biasanya mendapatkan ikan rucah sekarang tidak beroperasi. Dalam membuat pelet sendiri harus melihat nilai gizinya antara lain harus mengandung gizi, protein, lemak, dan serat yang seimbang dan cocok untuk pertumbuhan ikan. Kandungan protein pada ikan rucah pun tinggi. Ikan rucah mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga ikan yang sedikit besar.

Menurut penelitan kandungan protein ikan rucah hingga 44 %. Hal ini membuat ikan rucah menjadi bahan pakan yang murah dan bergizi. Untuk takaran dalam pemberian protein pada ikan kita harus mengetahui berapa kebutuhan protein dan berapa usia yang cocok dan ini merupakan takaran nya. Untuk ikan dengan usia 1 hingga 3 bulan membutuhkan protein sekitar 35-50%. Sedangkan untuk usia ikan 4 bulan keatas kebutuhan akan proteinnya sekitar 25-30%.

Cara Pembuatan Pelet Ikan Lele Dari Ikan Rucah

– Giling ikan ikan rucah sampai halus

– Campur dengan dedak halus sepertiga dari jumlah ikan rucah.

– Sesudah tercampur digiling kembali agar menjadi seperti adonan

– Lalu pelet ikan rucah dapat digunakan untuk memberi pakan ikan.

Baik menggunakan ikan rucah atau pun tidak, tetap akan menguntungkan sebab cara yang dipakai pada dasarnya sama, yang berbeda hanya pada bahan baku dan harga bahan baku. Untuk harga bahan baku ikan rucah lebih ekonomis daripada menerapkan pelet buatan pabrik.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Pakan Lele Dari Ikan Rucah

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!