Cara Membuat Kandang Maggot Yang Baik

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru untuk sahabat sangkuti, kali ini mimin akan membahas mengenai cara membuat kandang maggot. Maggot merupakan salah satu larva yang memiliki banyak manfaatnya salah satu manfaat dalam budidaya ikan ialah sebagai pakan. Maggot sendiri memiliki kandungan nutrisi yang penting dibutuhkan oleh ikan ialah kandungan protein. Kandungan protein yang dimiliki maggot ialah sebesar 60,2%. Kandungan protein yang tinggi dimiliki maggot ini dapat membantu pertumbuhan ikan dalam pemeliharaan.

membuat kandang maggot

Kandang merupakan suatu bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal ternak sepanjang hidupnya. Dengan kata lain kandang merupakan salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh ternak yang di pelihara. Fungsi utama dari kandang adalah menjaga agar ternak yang dipelihara tidak berkeliaran dan mempermudah pemantauan dalam perawatan ternak yang dipelihara. Beberapa fungsi kandang diantaranya mempermudah pengelolaan ternak dalam proses produksi seperti pemberian pakan, minum, pengelolaan limbah, dan perkawinan, kemudian meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja, melindungi ternak dari perubahan cuaca atau iklim serta mencegah dan melindungi ternak yang dipelihara dari berbagai penyakit. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan kandang diantaranya segi teknis, ekonomis, Kesehatan kandang (ventilasi kandang, pembuangan kotoran), efisiensi pengelolaan, dan Kesehatan lingkungan sekitarnya.

membuat kandang maggot

Pembuatan kandang maggot dilakukan untuk penangkaran lalat Black Soldier Fly (BSF) hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam perawatan dan pengontrolan lalat Black Soldier Fly (BSF) serta hal yang paling penting adalah pengambilan hasil panen berupa telur lalat BSF untuk ditetaskan. Kunci dalam beternak maggot ini adalah hasil telur yang ditetaskan semakin banyak telur yang ditetaskan maka larva maggot yang dihasilkan akan semakin banyak. Dalam menghasilkan telur BSF yang banyak yaitu dengan membuat kandang lalat Black Soldier Fly (BSF) yaitu keadaan Kandang harus memenuhi perkawinan lalat BSF dan saat bertelur.

Berikut pembuatan kandang maggot

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang maggot diantaranya:

  • Wadah penampungan telur
  • Wadah minum
  • Wadah bahan organic
  • Rak prepupa
  • Daun klaras
  • Hygrometer

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan kandang maggot diantaranya:

  • Persiapan alat dan bahan

Alat dan bahan dalam persiapan pembuatan kandangn maggot cukup sederhana persiapan alat diantaranya gergaji, amplas, palu, meteran, dan pensil.

  • Pembuatan kerangka kandang

Proses dalam pembuatan kerangka kandang dimulai dari penentuan tinggi kandang. Ukuran tinggi kandang lalat BSF pada umumnya sekitar 10 cm dan jumlah kaki kandang disesuaikan dengan Panjang kandang itu sendiri. Semakin Panjang ukuran kandang lalat yang dibuat maka jumlah kaki kandang yang dibutuhkan semakin banyak agar dapat menopang bobot serta kandang lalat BSF menjadi kokoh. Selain itu pengukuran untuk bagian atap kandang dalm pembuatan kandang lalat BSF.

  • Pembuatan lantai kandang

Setelah dilakukan pembuatan kerangka selanjutnya dilakukan pengukuran lantai kandang. Pembuatan kandang untuk kandang maggot biasanya disemen hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pembersihan kandang dan menghindari adanya sarang semut dalam kandang maggot.

  • Pembuatan dinding kandang

Bahan dalam pembuatan dinding kandang lalat BSF biasanya terbuat dari bahan waring atau jaring nyamuk dengan lubang kecil hal ini dilakukan agar lalat BSF tidak kabur. Pembuatan design kandang seperti kayu atau lipatan sebaiknya ada di luar kandang karena jika lipatan ada di dalam maka akan membuat potensi lalat BSF akan bertelur di daerah tersebut. Selanjutnya pembuatan pintu kandang lalat BSF yaitu lebih kecil sedikit dari ukuran pintu rumah hal ini dilakukan untuk mempermudah kegiatan keluar masuk kandang lalat BSF lebih mudah. Sebaiknya pembuatan pintu harus menggunakan tirai atau double door lebih baik hal ini berfungsi saat pembukaan tutup pintu lalat tidak kabur.

  • Pembuatan atap kandang

Pembuatan atap kandang lalat BSF harus transparent dan material yang digunakan dalam pembuatan atap kandang biasanya dari bahan plastik gelombang. Penggunaan bahan plastik transparan yaitu agar sinar matahari dapat langsung tembus masuk ke dalam kandang. Bahan plastik gelombang cukup kuat dalam menahan terpaan angin dan hujan.

Wah bagaimana sahabat sangkuti terkait pembuatan kandang maggot ini, semoga dapat membantu sahabat sangkuti. Salam sukses!

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Budidaya Lele Bagi Pemula

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Nila Modern Dengan Sistem RAS

Sistem RAS atau Recirulating Aquaculture System merupakan salah satu jenis teknologi yang mampu diaplikasikan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍