Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele

Pada artikel ini kami ingin membahas Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele. Untuk pakan budidaya lele sendiri membutuhkan biaya hingga 80% dari biaya produksi. Dengan ini, maka beragam cara terus dilakukan untuk membuat pakan alternatif untuk ikan lele supaya bisa menghemat biaya pakan, salah satunya memakai ampas tahu. Ampas tahu dipilih karena mengandung nilai nutrisi yang baik untuk ikan lele. Selain itu, harga per kg ampas tahu juga sangat terjangkau yaitu antara seribu hingga 2 ribu rupiah.

 

Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele

Dalam ampas tahu mengandung energi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C yang semuanya sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan ikan lele. Dengan memakai ampas tahu sebagai pakan alternatif ikan lele, maka akan untuk mengurangi biaya sekaligus meningkatkan efisiensi produksi serta profit dalam budidaya ikan lele.

Berikut 11 Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele dengan  pakan alterntaif yang berasal dari ampas tahu :

1. Pakan Lele Ampas Tahu
Hal pertama dalam Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele adalah Pembuatan pakan ikan lele dari ampas tahu ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam ampas tahu sehingga bisa dibentuk menyerupai pelet. Untuk prosesnya sendiri memerlukan waktu hingga seminggu dan bisa ditambahkan dengan probiotik agar lebih sehat sekaligus meningkatkan imun ikan lele sehingga tidak mudah diserang penyakit yang sesuai diberikan untuk budidaya lele dumbo.

2. Ampas Tahu Campuran
Ampas tahu juga bisa ditambahkan dengan beberapa bahan lain yang juga sangat baik untuk diberikan sebagai pakan alternatif pada budidaya lele organik.

3. Ampas Tahu dan Campuran Tepung
Sebagian variasi tepung seperti tepung kedelai, tepung ikan dan juga tepung jagung juga sangat baik dicampur dengan ampas tahu yang nantinya bisa diterapkan sebagai pakan alternatif ikan lele.

4. Ampas Tahu dan Ikan Rucah
Hal yang selanjutnya dalam Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele adalah mengkombinasikan ampas tahu dengan ikan rucah. Ikn rucah atau ikan kecil tangkapan nelayan yang tak layak konsumsi juga bisa diterapkan sebagai pakan ampas tahu ikan lele yang juga dapat mengurangi biaya produksi. Sebelum diterapkan, ikan rucah ini sebaiknya dicuci sampai bersih dan dicincang supaya lebih lunak dan mudah dimakan oleh ikan lele yang sesuai diberikan untuk budidaya lele organik di kolam terpal.

 

5. Ampas Tahu dan Limbah Peternakan Unggas
Peternakan unggas biasanya akan menghasilkan limbah yang dapat digunakan kembali sebagai pakan tambahan ikan lele dan cocok dikombinasikan dengan ampas tahu. Limbah peternakan berupa unggas yang sudah mati ini bisa menekan pengeluaran pakan lele karena didapatkan secara gratis dan sedangkan jika harus membeli maka harganya sangat murah yang juga sesuai diterapkan dalam budidaya lele di daerah dingin.

6. Ampas Tahu dan Keong Mas
Selain ampas tahu, keong mas juga bisa ditambahkan sebagai pakan lele karena kandungan protein yang sangat tinggi. Keong mas bisa ditemukan dengan mudah di sawah yang juga menjadi hama dari tanaman padi. Dalam daging keong mas ini mengandung banyak protein yang penting untuk pertumbuhan ikan lele. Keong mas juga bisa didapatkan secara gratis dengan cara mengumpulkannya sendiri di sawah atau juga bisa membeli yang dapat diterapkan dalam penangkaran lele dumbo.

7. Ampas Tahu dan Bekicot
Seperti keong mas, bekicot juga mengandung protein tinggi yang sangat baik dan dapat dicampur dengan ampas tahu sebagai pakan tambahan ikan lele. Binatang moluska ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kebun, rumah, bawah pohon pisang dan juga di tempat lembab lainnya. Sebelum dicampur bersama dengan ampas tahu, tepung jagung dan tepung ikan serta probiotik, terlebih dulu bekicot harus direbus kemudian dihaluskan.

8. Ampas Tahu dan Belatung
Belatung juga merupakan pakan tambahan ikan lele yang sangat baik untuk diberikan. Belatung ialah limbah yang berasal dari peternakan unggas selain bangkai unggas yang juga dapat digunakan sebagai pakan ikan lele. Belatung umumnya banyak ditemukan di kotoran unggas berair atau juga bisa dikembangbiakan sendiri. Belatung atau larva yang bisa digunakan sebagai pakan ternak ikan lele ialah larva dari lalat black soldier fly yang sangat ideal diterapkan dalam budidaya lele sangkuriang di kolam terpal.

9. Ampas Tahu dan Tumbuhan Azzola
Azzola merupakan jenis tumbuhan paku air seperti kiyambang yang biasa tumbuh di saluran irigasi, pinggir kolam dan juga tanah yang lembab.
Tumbuhan azzola ini juga banyak dicari para pembudidaya ikan lele sebagai pakan tambahan yang sangat baik bila dicampur dengan ampas tahu yang juga bisa dipakai untuk mengatasi jamur pada ikan lele.

10. Ampas Tahu dan Cacing Lumbricus
Para ahli mengatakan jenis cacing ini mengandung protein dengan kadar tinggi yakni sekitar 76% lebih tinggi dibandingkan dengan daging mamalia sebesar 65% atau ikan sebesar 50%. Cacing lumbricus ini bisa dihaluskan kemudian dicampur dengan ampas tahu yang telah diperas, tepung jagung dan tepung ikan yang kemudian dibentuk menyerupai pelet dan dikeringkan sehingga dapat dihasilkan pakan ikan lele tambahan yang juga efektif dipakai untuk mencegah penyakit pada ikan lele.

11. Ampas Tahu dan Cacing Sutra
Cacing sutra sangat baik diberikan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan lele dan termasuk jenis pakan alami ikan. Tekstur cacing sutra yang sangat lembut akan mudah untuk dicampur dengan ampas tahu yang kemudian dapat diberikan untuk pakan ikan lele dewasa atau bibit.

Sekian artikel mengenai Cara Memberikan Ampas Tahu Pada Lele

Smoga bermanfaat 🙂

 

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!