Cara Memberi Makan Ikan Lele Kecil

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin disini tentunya akan menambah pengetahuan terus sahabat sangkuti, nah pengetahuan yang akan mimin bagi yaitu seputar bagaimana cara memberi makan ikan lele yang masih kecil. Kenapa kita harus mengetahui cara pemberian pakan lele kecil karena pada masa lele kecil hal yang paling penting adalah menjaga pertumbuhan ikan. Masa pertumbuhan yang cepat yaitu pada saat ikan lele masih kecil. Pentingnya menjaga perawatan lele masih kecil ialah untuk menghasilkan panen dengan hasil yang baik. Pakan sendiri berperan dalam memenuhi hidup pokok dan hasil produksi ikan lele. Hasil produksi yang dimaksud ialah daging ikan yang nantinya untuk konsumsi manusia. Pemberian pakan pada saat ikan lele masih kecil perlu diperhatikan karena saat pemberian pakan yang dilakukan dengan cara yang baik maka akan menghasilkan kualitas daging ikan baik, waktu panen yang tepat, dan bobot ikan yang sesuai dengan ukuran.

cara memberi makan ikan lele kecil

Jumlah pakan yang biasa diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu pada berat tubuh ikan. Jumlah pakan yang dapat diberikan untuk lele per harinya sekitar 3-6% dari bobot ikan yang dipelihara. Tetapi jumlah persentase bersifat fleksibel oleh karena itu pemberian pakan ikan dapat lebih atau kurang sisesuaikan dengan nafsu makan ikan pada saat itu.

Dalam pemberian pakan dapat dilakukan dengan beberapa metode agar dapat menghasilkan produksi yang maksimal dan pemberian pakan terkontrol. Mengapa penting membuat manajemen pemberian pakan yaitu berfungsi dalam menekan biaya produksi agar tidak terjadi kerugian dalam pemeliharaan ikan lele. Pemberian pakan juga perlu memperhatikan waktu pemberian karena waktu yang tepat dalam pemberian pakan dapat mempengaruhi bobot yang dihasilkan dan terhindar dari gangguan penyakit. Pemberian pakan ikan lele dilakukan setiap hari dengan frekuensi pemberian sekitar 4-6 kali per hari dan interval waktu yang digunakan sekitar 2-4 jam. Pemberian pakan ikan lele juga perlu dilakukan perhitungan kebutuhan pemberiannya. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menjaga kualitas air kolam ikan lele. Waktu pemberian pakan ikan lele pada pagi hari dilakukan saat kondisi suhu air kolam mulai hangat. Kondidi suhu air kolam yang baik dalam pemberian pakan ikan lele yaitu sekitar 21°C. Jika ikan lele diberikan pakan yang terlalu pagi dapat mengakibatkan radang insang. Pada saat cuaca ekstrim seperti hujan deras pemberian pakan sebaiknya di kurangi atau dihentikan sementara karena pada saat cuaca ekstrim ikan lele biasanya berhenti makan yang disebabkan suhu air kolam menurun drastis. Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan ikan lele yaitu pada saat pemberian pakan hindari mengganggu air kolam seperti mengobok air kolam. Hal ini akan mengakibatkan ikan lele stress dan memuntahkan makanannya dari pakan tersebut dapat menimbulkan penumpukan amoniak yang tinggi dan mengganggu kualitas air kolam.

Kandungan pakan ikan lele harus memiliki kandungan nutrisi diantaranya protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Protein pada pakan berfungsi sebagai sumber energi utama. Ikan lele merupakan ikan dominan karnivora sehingga kandungan protein yang dimiliki dalam pakan membutuhkan protein tinggi sekitar lebih dari 35% dari berat pakan. Waktu pemberian pakan ikan dapat pagi, siang, sore, atau malam hari bergantung pada nafsu makan ikan. Mengingat lele hewan nocturnal sehingga pemberian pakan ikan lele sebaiknya diberikan pada sore atau malam hari karena pada saat itu nafsu makan ikan lele tinggi. Frekuensi pemberian pakan ikan lele kecil lebih tinggi dibandingkan lele dewasa. Frekuensi pemberian pakan ikan lele yang masih kecil yaitu sekitar 4-5 kali sehari. Cara memberikan pakan ikan lele yaitu dengan menaburkan pakan secara sedikit demi sedikit di setiap sisi kolam agar pemberian pakan pada ikan lele mendapatkan jatah yang sama. Ukuran pakan ikan lele disesuaikan dengan bukaan mulut ikan semakin besar bukaan mulut semakin besar pelet yang diberikan, sehingga ukuran pelet ikan lele kecil memiliki ukuran yang kecil disesuaikan dengan bukaan mulut ikan lele kecil. Jenis-jenis pakan ikan lele yang biasa diberikan yaitu makanan alami ikan lele berupa zooplankton, cacing kecil, larva, dan serangga air. Terkadang ikan lele kecil menyukai makanan yang berprotein tinggi seperti makanan busuk. Makanan tambahan ikan lele kecil dapat berupa bangkai yang dipanggang, usus ayam, daun kubis, hancuran tulang ayam, dan tulang ikan.

Wah bagaimana sahabat sangkuti terkait cara memberi makan ikan lele kecil ? Tentunya akan menambah lagi tips baru untuk sahabat sangkuti. Semangat berbudidaya!

Baca Juga: Penyebab Lele Mati Perut Kembung, Ini Dia

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍