Thursday , 21 February 2019

Cara Gampang Bersihkan Lumut Jerat No ratings yet.

Cara Gampang Bersihkan Lumut Jerat

Lumut dapat dengan mudah menyebar di permukaan air kolam. Hal ini sangat berbahaya kepada lele atau Clarias sp., mengapa? Pola makan lele adalah dengan memakan sesuatu yang ada di permukaan air, apabila lumut menutupi permukaan air kolam, maka lele akan kesulitan makan. Hal ini bisa meningkatkan kematian pada lele Anda. Nah video berikut ini berisi tutorial Cara Gampang Bersihkan Lumut Jerat di kolam lele Anda. Tidak perlu memakai bahan kimia, karena beresiko juga terhadap kolam Anda.

Cara ini memang boleh dibilang cara tradisional, namun apabila Anda sering melakukannya, resiko kematian akibat lumut jerat dapat ditekan.

Lumut jerat berkembang biak sangat pesat apabila mendapatkan banyak cahaya matahari, namun Anda tidak perlu juga menutup bagian atas kolam, karena lele Anda pun membutuhkan sinar matahari untuk metabolisme tubuhnya. Keberadaan lumut ini pula sebenarnya adalah sebuah tanda atau indikator bahwa air kolam Anda adalah air kolam yang layak bagi lele. Namun, apabila jumlahnya terlalu besar atau masif, tentunya akan mempengaruhi lele juga.

Kunci utama dalam menjaga kualitas air kolam adalah disiplin dan konsisten. Semakin sering Anda memperhatikan keadaan kolam Anda, maka Anda akan mengetahu kapan saja waktu yang tepat untuk mengganti air kolam, atau unuk membersihkan saluran air, atau untuk membersihkan lumut kolam.

Cara Gampang Bersihkan Lumut Jerat sebenarnya adalah cara simpel yang seharusnya setiap peternak ikan tahu.

 

Cara Gampang Bersihkan Lumut Jerat

Ada sebuah pertanyaan yang pernah muncul, apakah bisa menghilangkan lumut selamanya atau total mematikan lumut? Jawaban kami adalah JANGAN. Mengapa? Karena kembali lagi ke paragraf diatas, lumut adalah salah satu indikator air tersebut “hidup” atau tepat untuk lele. Kendalikan saja pertumbuhan lumutnya, dan saran kami jangan menggunakan produk2 kimiawi “pembunuh lumut”. Ini terlalu beresiko, jangan-jangan nanti ikan Anda ikut juga terbunuh akibat residu/sisa kimia.

CARA GAMPANG BERSIHKAN LUMUT JERAT (1)

Di beberapa tempat, lumut jerat ini dianggap sebagai musuh peternak lele. Namun, jangan salah, ada juga yang memanfaatkan lumut ini sebagai pupuk tanaman, tentunya setelah dikeringkan terlebih dahulu. Ternyata, semua yang hidup itu, pasti ada manfaatnya juga.

Jadi, selalu memperhatikan air yang tepat untuk lele Anda menjadi salah satu kunci utama dari keberhasilan Anda dalam berbudidaya ikan lele. Ingatlah selalu bahwa lele hidup di air, buatlah air yang nyaman bagi mereka. Mungkin terlihat kotor bagi kita, namun tepat bagi mereka. Tak lupa, sering-seringlah mengukur tingkat keasaman (pH) kolam. Agar kita menghindari perubahan pH yang ekstrem, terutama di waktu hujan.

 

Sekian pembahasan kami mengenai Cara Gamapang Bersihkan Lumut Jerat. Semoga artikel dan video ini membantu teman-teman dalam berbudidaya ikan lele. Sukses dan sehat selalu…

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

ciri ciri lele jawa

Ciri ciri lele jawa

Dalam artikel ini kami ingin membahas tentang ciri lele jawa. Lele jawa atau lele kampung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!