Wednesday , 21 August 2019

Cara Budidaya Lele Sistem Boster No ratings yet.

Ada terobosan baru pada budidaya ikan lele yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan nilai tambah produk ikan lele. Salah satunya yakni menggunakan Cara Budidaya Lele Sistem Boster. Sistem booster adalah budidaya super intensif yang menggunakan teknologi padat tebar tinggi lebih dari 500 hingga 1000 ekor per meter persegi menggunakan aplikasi produk suplemen booster.


Cara Budidaya Lele Sistem Boster

Budidaya ikan lele dengan mengaplikasikan sistem booster dinilai betul-betul efektif sebab bisa menghasilkan panen melimpah, dengan ikan yang berkualitas. Sistem budidaya ini juga dirasa lebih mempermudah pembudidaya dibanding sistem lainnya.

Keunggulan Cara Budidaya Lele Sistem Boster

  • Dapat memakai lahan yang sempit dan equipmen kolam sedikit.
  • Menghemat listrik dan air.
  • Luasan kolam sempit, tonase tinggi.
  • Efisiensi pakan dan kekuatan kerja.
  • Gampang mengatasi masalah penyakit.
  • Peningkatan kualitas produk budidaya untuk pengolahan karena memberikan jaminan keamanan pangan.

 

Langkah-Langkah Budidaya Lele Metode Boster :

  • Persiapan kolam
    Konstruksi kolam memakai konstruksi sistem booster dengan sirkulasi dasar di tengah kolam (central drain), di mana bahan organik akan terkumpul di tengah dan bisa dengan mudah untuk membuang kotoran supaya lebih hemat air.
  • Persiapan air
    Pengisian air pada kolam dilaksanakan dengan tinggi 60 cm diisi air bersih. Lakukan pertumbuhan plankton, jikalau air kolamnya berwarna kecokelatan, maka artinya zooplankton berjenis diatomae telah mendominasi air. Plankton tersebut berfungsi sebagai penyuplai pakan natural untuk ikan lele. Dengan begitu, ikan relatif dapat lebih pesat pertumbuhannya. Seandainya pengelolaan tersebut tidak tepat, kualitas air dapat berubah-ubah sehingga dapat mengakibatkan ikan merasa tidak nyaman.
  • Mengatur pakan

Pada budidaya ikan lele dengan sistem booster kebutuhan pangan ikan bisa ditekan. Dengan begitu, risiko gagal panen juga bisa dicegah sehingga dapat meningkatkan margin keuntungannya. Pemberian pakan bisa menerapkan prinsip ad libitum supaya pakan tersebut selalu tersedia di dalam kolam. Jadi, seperti dengan keadaan aslinya di alam. Penting untuk mengendalikan frekuensi pemberian pakan dan menambahkan multivitamin atau suplemen booster. Tujuannya, supaya pakan bisa lebih gampang dicerna oleh ikan lele.

  • Menjaga kesehatan ikan

Kesehatan ikan lele wajib senantiasa diperhatikan. Perawatan air wajib diaplikasikan dengan baik agar dominasi probiotik dan patogennya lebih mudah diatur. Caranya dengan membuang kotoran secara teratur, menerapkan antiseptik agar air lebih steril dan menebarkan probiotik keesokan harinya. Selain itu, wajib menjaga tingkat keasaman atau pH air agar tak berubah-ubah dengan fluktuatif. Pada saat lingkungan berada dalam situasi ekstrem, pemberian vitamin C dan immunostimulan sangat direkomendasikan.

  • Penanganan penyakit
    Pada budidaya lele dengan sistem ini, penyakit yang lazim menyerang merupakan dari klasifikasi kuman, protozoa, parasit, instabilitas kualitas air. Pencegahan terserangnya penyakit bisa dilakukan dengan membuka central drain untuk membersihkan kolam.

Sekian artikel mengenai Cara Budidaya Lele Sistem Boster

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!