Tuesday , 10 December 2019

Cara Budidaya Lele Organik Yang Baik No ratings yet.


>Ada sebagian metode untuk membudidayakan lele, diantaranya adalah bagaimana Cara Budidaya Lele Organik Yang Baik. Lele ini memiliki perbedaan dengan lele pada umumnya karena lele organik memiliki perbedaan dalam hal pakan dengan lele yang lain. Lele organik memiliki banyak perbedaan salah satunya dari segi rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan lele lainnya. Permintaan pasar pada lele organik amat besar, karena amat diminati oleh masyarakat. Pada dasarnya budidaya lele organik mengandalkan mikroorganisme sehingga media pemeliharaan selalu sehat. Dari sebagian pembudidaya biasanya dilaksanakan di kolam tertutup, metode ini dilakukan dengan pemberian kompos pada kolam, sehingga akan membuat pakan natural yang terdapat pada air.
Cara Budidaya Lele Organik Yang Baik
Biasanya lele dibudidayakan di kolam terpal, menggunakan kolam terpal dengan berbagai macam ukuran tergantung degan kebutuhan, bila dirasa menebar bibit dengan ukuran lumayan besar maka dapat menggunakan kolam dengan ukuran yang jauh lebih besar. Lele organik dibudidayakan memerlukan kompos.  Kemudian masukkan pupuk kompos yang sudah dibuat, ingat pupuk kompos wajib sudah sudah benar-benar matang. Taburkan pupuk kompos pada kolam dan jangan lupa berikan bakteri penumbuh, seperti bakteri berjenis probiotik. Tutup bagian kolam dengan terpal plastik dan biarkan fermentasi kurang lebih 1 hingga 2 minggu.
Cara cek pupuk kompos pada lele organik sungguh-sungguh gampang, pada cara kerja fermentasi akan terjadi pembusukan dan mikroorganisme akan menghasilkan gas meta, gas ini akan menggambarkan proses fermentasi selesai atau tidak. Untuk mempertimbangkan fermentasi selesai, cukup memberikan api pada gas, kalau api menyala itu artinya proses fermentasi belum selesai. Untuk menyikapinya  hanya memberikan air dengan kedalaman 40cm dan biarkan setelah 1 minggu kemudian tingkatkan lagi ketinggian air 15cm tiap 2 minggu sampai mencapai 70 hingga 80cm.
Sesudah benih disiapkan dan air organik sudah benar-benar matang maka dapat menebarnya ke dalam kolam, untuk penyesuaian airnya biarkan lele melakukan gerak sendiri dengan kolam terbuka dan biarkan lele keluar sendiri dari wadah hingga keluar seluruhnya dari wadah. Perlakuan pada benih lele mesti benar-benar diperhatikan sebab benih lele betul-betul peka pada perlakuan dan keadaan lingkungan.
Inilah yang membedakan lele organik dan lele yang lain. Pakan yang diberikan berbeda yakni pakan yang berkomposisi mikroorganisme atau plankton dan bahan pakan lainnya dengan bahan organik serta bahan tambahan berupa pelet yang diracik dengan bahan organik dan probiotik yang telah difermentasikan sebelumnya. Panen ikan lele organik biasanya lebih singkat yaitu saat usia ikan 45 hari hingga 60 hari saja sudah bisa dipanen. Budidaya ikan lele organik sangatlah mudah asal tahu cara merawatnya. Dengan begitu maka hasil panen akan berlimpah.
Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!