Cara Budidaya Ikan Lele No ratings yet.

Air adalah media tempat hidup dalam budidaya ikan lele dan ikan lainnya. Kondisi air patut disesuaikan dengan kebutuhan bagi pertumbuhan ikan yang dipelihara. Keberhasilan cara budidaya ikan lele banyak dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas air. Kuantitas air ialah jumlah air yang tersedia berasal dari sumber air, seperti sungai, saluran irigasi untuk mengairi kolam budidaya. Ikan lele tidak terlalu memerlukan debit air yang besar, seperti ikan mas atau tawes. Hal ini disebabkan lele memiliki alat pernapasan tambahan sehingga dapat mengambil oksigen bebas dari udara.


cara budidaya ikan lele

Selain itu sumber air untuk usaha pembenihan mesti bersih dan jernih. Umumnya air diambil berasal dari sumur baik itu sumur bor dengan pompa isap maupun sumur galian biasa. Air yang tidak memenuhi persyaratan dari segi kualitas akan berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup ikan lele yang dibudidayakan. Pertumbuhan ikan lele akan optimal ketika dipelihara pada temperatur air dan lingkungan yang hangat.

cara budidaya ikan lele

Air dengan kandungan oksigen yang rendah sekalipun bisa dipakai dalam budidaya lele karena mempunyai alat bantu pernafasan tambahan yang memungkinkan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Ikan lele tak memerlukan air yang bening atau mengalir. Pada kondisi kolam air tergenang, lele bisa tetap hidup dan berkembang selama air kolam tak terpolusi oleh racun seperti amoniak. Perubahan suhu air pada kolam pemeliharaan dijaga agar tak sampai lebih dari 4 Derajat Celcius. Perubahan suhu yang terlalu ekstrim akan menyebabkan ikan stress, yang hasilnya akan menyebabkan kematian.

Pilihlah indukan lele jenis unggulan tujuannya supaya benih yang dihasilkan juga berkualitas. Ciri lele berkualitas diantaranya pertumbuhan cepat, ukuran benih seragam, tingkat kelangsungan hidup (SR) tinggi, dan lebih tahan kepada penyakit. Berikan pakan yang tepat dalam segi jumlah ataupun kualitasnya. Induk diberikan pakan pelet dengan kandungan protein minimal 30% serta pakan tambahan. Pemberian pakan yang berkualitas akan mempercepat pematangan telur serta meningkatkan kelangsungan hidup.

Pakai probiotik kalau dibutuhkan, pemberikan probiotik pada ikan lele bertujuan untuk memperbaiki kualitas air kolam, meningkatkan nafsu makan, dan mengurangi serangan penyakit.

Demikian ulasan singkat mengenai cara budidaya ikan lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

budidaya lele burma

Budidaya Lele Burma

Bila beberapa waktu lalu sempat populer budidaya lele Masamo, saat ini mulai banyak petani beralih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!