Tuesday , 10 December 2019

Cara Agar Kolam Lele Tidak Bau No ratings yet.

Kolam lele yang menggunakan tembok, terpal, atau drum plastik bila telah beberapa bulan dari masa tebar bibit biasanya akan mengeluarkan bau anyir busuk yang menyengat hidung. Apabila kolam lele berada di dekat pemukiman warga tentu bau yang dimunculkan tidak hanya mengganggu sang pemilik tapi juga warga sekitar yang lokasinya berada dekat dengan kolam budidaya. Apabila hal itu terjadi terus menerus tentu saja dapat berdampak buruk bagi lingkungan sekitar kolam. Oleh karena itu para pembudidaya perlu mengetahui cara agar kolam lele tidak bau.


cara agar kolam lele tidak bau

Bau yang timbul dari budidaya lele berbeda dengan bau yang diakibatkan dari budidaya jenis ikan lain. Air kolam budidaya lele cenderung lebih mudah kotor dan beraroma. Bau busuk pada air kolam sangat memberi pengaruh terhadap kondisi psikologis dari ikan yang akan memunculkan stres pada ikan. Bila bau busuk pada kolam terus dibiarkan dan berkelanjutan bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan, melemahkan pernapasan dan akan berdampak pada kematian.

cara agar kolam lele tidak bau

Cara agar kolam lele tidak bau dapat melakukan langkah berikut:

Beri pakan secukupnya
Berilah pakan lele secukupnya saja, jangan berlebihan. Sisa pakan yang berlebihan akan mewujudkan amoniak. Amoniak inilah salah satu elemen penyebab bau busuk. Sebagian ahli menganjurkan supaya membuat perkiraan pakan yang bisa membuat seekor ikan dalam kondisi 80% kenyang.

Membuang ikan yang mati
Dalam budidaya lele biasanya terdapat sebagian ikan yang mati dan mengambang di kolam. Ikan-ikan yang mati tersebut harus seketika diangkat dan dibuang. Kalau bangkai ikan dibiarkan, bangkai ikan tersebut bisa menjadi sumber bau sekaligus menjadi indikator air kolam dalam kondisi kurang baik.

Memakai Probiotik
Mikroorganisme yang terkandung dalam probiotik dapat berfungsi untuk menguraikan sisa pakan ikan yang ada di dalam air budidaya sehingga bau busuk yang menyengat dapat dicegah.

Penggantian air secara berkala
Lele memang tetap dapat tumbuh tanpa penggantian air, namun penambahan volume air tetap perlu dilakukan untuk mengganti turunnya volume air. Penggantian air secara berkala dapat mengurangi bau pada kolam karena sebagian racun dan bakteri turut berkurang bersama terbuangnya air.

Pensifonan
Pensifonan ialah membuang kotoran atau endapan dari dasar kolam. Pensifonan bisa dilakukan dengan membuka saluran pembuangan atau menyedot dengan menggunakan selang. Pensifonan penting dilakukan karena kita membuang kotoran dan amoniak yang menyebabkan bau menyengat di kolam. Pensifonan sebaiknya dilakukan petang hari agar lele tidak stress. Setelah selesai, kemudian tambahkan kembali air untuk menggantikan air yang terbuang.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!