Tuesday , 25 September 2018

Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau

Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau

SANGKUTIFARM.COM Bagi petani lele air kola berwarna hijau merupakan idaman dan keinginan hampir seluruh petani yang bermain di budidaya ikan lele, tapi bagaimana car amembuat kolam lele bisa berwarna menjadi air hijau. Apa sebenarnya kandungan air hijau tersebut. Ternya air berubah menjadi air hijau karena disebabkan di dalam kolam telah terjadi pertumbuhan phyplankton pada kolam yang menjadikan air menjadi berwarna hijau. Dan berikut Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau.

 

Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau

pertanyaan yang paling banyak ditanyakan apakah air berwarna hijau ini penting untuk budidaya lele. Banyak pro dan kontra untuk menjawab pertanyaan ini, karena diluar sana ada juga yang budidaya lele yang memiliki air berwarna merah. Tetapi di artikel ini sangkuti farm berpendapat air hijau sangatlah penting untuk budidaya lele. Karena air hijau merupakan indikator  bahwa air kolam sudah siap untuk ditebar bibit.

Air yang berwarna hijau adalah air dengan suplai oksigen dari hasil fotosintesa yang sangat membantu uintuk kenyamanan dan kelangsungan bibit. Di samping itu pula phytoplankton yang terkandung dalam air hijau ini memiliki fungsi uang menjaga fluktuasi suhu air dan perbedaan pada siang hari dan malam harinya.

Tetapi diberbagai kasus yang ditemui, ada yang tidak menjumpai hal ini, air belum hijau? air tidak bisa hijau? apa sih sebenarnya penyebabnya. Penyebab utama ada petani tidak sabar untuk mempersiapkan air di dalam kolam, sehingga air belum mencapai kondisi yang baik. Atau hal lain, dalam penanganannya salah. Air bening hanya di endapkan saja. Tanpa melalui treatmen-treatment khusus yang menyebabkan air tersebut menjadi hijau.

 

Apa sih akibatnya? Hal yang paling riskan adalah kematian bibit lele itu sendiri, disisi lain ada pertumbuhan bibit lele yang tidak maksismal. Hal ini akan berdampak miss komunikasi antara penyedia bibit dan pembeli bibit. Seperti contoh, bibit yang sudah dibeli masih dalam kondisi sehat. setelah dimasukkan ke kolam yang perseiapannya belum maksimal, alhasil bibit lele tersebut masti. Dan pembeli bibit berasumsi bibit yang ia beli memilikki kualitas jelek. Hal ini yang perlu di ingatkan kepada para penyedia bibit atau pembeli bibit lel, dipastikan terlebih dahulu kolam yang akan di tebar bibit sudah di persiapan sbaik mungkin, untuk menghindario persepsi negati terhadap penyedia bibibt.

Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau

 

Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut cara sederhana untuk mempersiapkan air kolam menjadi berwarna hijau :

  • Mauskkan air bersih, air yang bagus adalah air yang berasal dari tanah. Jika memang yang tersedia adalah air PAM sebaiknnya air diendapkan dulu selama 3 hari sebelum treatment dilakukan. Lebih bagus jika sumber air langsung dari mata air langsung. Selanjutya lalukan pemupukan dengan cara memasukkan pupuk kandang sebanyak 0.5kg/m3. Cara tersebut biasanya disebut teknik teh celup lele. Kita celupkan pupuk kandang didalam karung ke dalam kolam dan di diamkan selama kurang lebih 1-2minggu.
  • Bila diperlukan tambahan probiotik secukupnya, seperti EM4. bisa beli disini
  • setelah 1-2 minggu kolam akan berwarna hijau gelap atau coklat keruh. dan akan muncul seperti jentik jentik di dalam kolam. Nah klo hal ini sudah terjadi, maka kolam sudah siap dan bisa dimasukkan bibit. Jangan buang jentik-jentik yang ada di kolam. Itu bisa dijadikan pakan alami untuk bibit lelel di pertama ditebar. Jadi untuk hari pertama jangan di beri langsung pakan, karena bibit lele masih beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Ok sekian artikel mengenai Cara Agar Air Kolam Terpal Cepat Hijau. Silahhkan tinggalkan komentar dikolom komentar dibawah jika ada pertanyaan dan silahkan share ke sosial media anda jika artikel ini bermanfaat

Terima kasih

Happy farming 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Budidaya lele Sistem Resirkulasi

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Budidaya lele Sistem Resirkulasi. Catfish farming in recirculation system …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!