Wednesday , 28 October 2020

Budikdamber Dalam Rumah Yang Mudah dan Praktis

Budikdamber Dalam Rumah. Halo sahabat sangkuti, apa kabar semuanya ? Mudah-mudah selalu diberi kesehatan dan sukses untuk usaha budidaya ikannya. Kali ini kami ingin berbagi kegiatan kami selama masa pandemic corona saat ini. Efek dirumah aja menyebabkan mungkin beberapa orang bingung ingin beraktivitas seperti apa. Nah, ternyata ada salah satu teknik budidaya yang lari viral sekarang yang bersinggungan juga dengan budidaya lele Yaitu Budikdamber. Apa sih budikdamber ? Dan bagaimana membuat budikdamber dalam murah yang mudah dan praktis. Yuk kita bahas satu persatu.


Budikdamber merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember. yang dimana memadukan budidaya ikan dengan bercocok tanam sayuran dengan teknik hidroponik. Menariknya ikan lele merupakan salah satu ikan yang bisa diterapkan dalam teknik budikdamber ini. Nah divideo ini kami mencoba menerapkan teknik budikdamber di pekarangan rumah kami. Apa aja sih bahan – bahan yang dibutuhkan untuk bisa budidaya ikan dalam ember ini

  1. Ember dengan kapasitas 80 liter
budikdamber dalam rumah
Ember kapasitas 80 liter

Tahapan budikdamber dalam rumah yang pertama adalah persiapan emberEmber yang digunakan adalah ember yang banyak tersedia dipasar. Nah kami memilih ember berukuran 80 liter supaya ikan lele yang di tebar bisa lebih banyak. Di ember ini juga kami sudah buatkan instalasi pembuangan air sehingga dalam penggantian air juga dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu kami juga buatkan instalasi overflow air supaya pada saat terjadi hujan air di dalam ember tidak luber dan tumpah.

2. Benih Lele berukuran 8-9 sebanyak 60 ekor

budikdamber dalam rumah
Benih lele uk 8-9

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah benih lele. Nah lele yang kami gunakan disini adalah lele berukuran 8-9cm dengan jumlah 60 ekor. Dalam kapasitas ember 80 liter tidak bisa menggunakan ikan terlalu banyak. Walaupun lele merupakan ikan yang bisa hidup di tempat yang sempit pun, kita tidak mau lele tidak nyaman di ember tersebut. Standar ideal tebar lele di budikdamber ini berkisaran 50 – 100 ekor saja. Kami tidak menyarankan untuk menebar bibit di atas jumlah tersebut. Walaupun pada awalnya memang terlihat longgar, nanti pada saat ikan itu sudah besar ikan tersebut akan terlihat padat.

3. Pakan Ikan Lele

budikdamber dalam rumah
Pakan lele

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah pakan ikan itu sendiri. Kami menggunakan pakan dari salah satu pabrik pakan dengan kode pakan 781 polos. Karena bukaan mulut ikan sudah bisa menggunakan pakan dengan diameter bulir 3mm. Buat sahabat sangkuti yang menggunakanikan yang lebih kecil sebaiknnya menyesuaikan jenis pakan yang digunakan. Jangan gunakan pakan yang berukuran besar kepada bibit bibit ikan yang masih kecil. Nanti ikan akan kesulitan dalam memakan pakan tersebut. Dan upayakan pakan distok sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut. Kali ini kami menyetok 2 kg pakan. Estimasi kebutuhan pakan untuk tebar 60 ekor berkisar 6 – 8 kg pakan

3. Tanaman Sayuran (kami gunakan kangkung)

Yang selanjutnya adalah tanaman sayurannya. Kami kali ini menggunakan kangkung sebagai pilihan sayuran di budikdamber ini, karena kangkung merupakan sayuran yang mudah dan kuat. Kangkung ini kami pilih yang sudah tersemai, jadi kangkung bisa langsung diletakkan ke dalam ember budikdamber. Kangkung ini kami letakkan pada gelas plastik berukuran sedang yang sudah kami lubangi dasarnya, dan sudah kami berikan rockwool dan arang sebagai media penguat batang kangkung tersebut

oke, setelah bahan -bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah tahap persiapaannya yah.. Apa saja step-step yang harus dilakukan.

  1. Isi Ember menggunakan air bersih
Isi air

Tahapan yang pertama dilakukan adalah mengisi ember dengan air bersih. Air yang digunakan upayakan air yang sudah diendapkan min 2-3 atau 1 minggu lebih bagus. Jangan gunakan air pam secara langsung. Karena pada air pam mengandung klorin yang dapat menyebabkan resiko di ikan. Jika air pam tersebut sudah sempat mengendap di touren rumah, itu masih bisa digunakan. Selain air pam, sahabat sangkuti bisa gunakan air tanah atau air dari tadahan hujan. Tapi ingin semua itu perlu di endapkan terlebih dahulu agar PH di dalam air menjadi stabil.

Ember diisi air sebanyak 60-70 liter. Upayakan tinggi air sampai kelevel agar sayuran menyentuh air di dalam ember. Karena jika air tidak menempel pada akar sayuran, sayuran akan mati tidak mendapatkan asupan nutrisi yang ada di dalam ember.

garam ikan

Sahabat sangkuti bisa tambahan garam ikan kedalam air diember. Tujuannya adalah menstabilkan ph air. Larutkan 5 sendok garam ikan kedalam air lalu campurkan kedalam air yang ada di dalam ember

2. Tebar bibit lele

budikdamber dalam rumah
Tebar bibit lele

Tahapan selanjutnya adalah tebar bibit lelenya. Penebaran bibit lele dilakukan secara perlahan, biarkan lele tersebut keluar dengan sendirinya. Supaya bibit lele tersebu tidak kaget di tempat yang baru. Puasakan bibit lele selama 1/2 hari – 1 hari. Hal ini berguna agar benih lele tidak stress dan lahap pada saat pemberian pakan diawal nanti. Ingat jangan mencoba tebar lele terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan kematian jika tidak melakukan manajemen air dengan baik. Standar tebar lele di dalam ember berkapasitas 80 liter yaitu berkisar 50 – 100 ekor. Dan gunakan benih berukuran besar agar masa pemeliharaan tidak terlalu lama.

3. Menyusunan tanaman kangkung di atas ember

budikdamber dalam rumah
penyusunan tanaman kangkung

Tahapan selanjutnya adalah menyusun tanaman kangkungnya, disini tutup ember sudah kami modifikasi supaya tanaman lebih terlihat rapi dan untuk menjaga ikan tidak lompat keluar dari kolam. Susun tanaman kangkung tersebut dan pastikan dasar gelas yang sudah dilubangi terkena air.

Oke mungkin artikel kali ini cukup sekian dulu untuk tahapan persiapan budikdamber dalam rumah. Smoga bisa bermanfaat buat teman – teman di rumah.

Oh iya buat sahabat sangkuti yang ga mau repot mencari peralatan budikdamber, sahabat sangkuti bisa dapatkan paket starter kit budikdamber di kami. Silahkan cek disini yah sangkutifarm.com/budikdamber

sekian dan akhir kata happy farming
šŸ™‚

BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Resep Sambal Pecel Lele Yang Menggugah Selera

Resep sambal pecel lele ā€“ Nama pecel lele memang telah benar-benar tenar sebagai salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!