Budidaya Black Soldier Fly No ratings yet.

Dalam proses metamorfosa, komponen yang bisa digunakan sebagai pakan lele ialah saat masih berbentuk larva. Larva lalat tersebut atau yang lebih dikenal dengan istilah maggot dapat dimanfaatkan sebagai pakan bibit lele. Namun tidak semua jenis larva lalat yang bisa digunakan sebagai pakan, hanya jenis lalat black soldier fly saja karena siklus hidupnya yang singkat. Lalat jenis ini akan mati setelah bertelur sehingga maggotnya lebih baik dimanfaatkan. Kini sudah banyak pembudidaya yang mulai melakukan budidaya black soldier fly karena dapat menjadi pakan alternatif lele.


budidaya maggot balck soldier fly

Lalat black soldier fly punya nama latin Hermetia illucens, serangga ini juga merupakan bagian dari ordo Diptera yang masih sekelas dengan lalat pada umumnya. Hanya saja lalat ini berbeda dengan lalat pada umumnya yang sering dijumpai pada bangkai dan sampah rumah tangga. Black soldier fly hanya bisa dijumpai di tempat sampah organik. Sampah organik artinya tak terdapat bahan kimia yang mungkin berbahaya dan bersifat toxic (racun) bagi lingkungan sekitar. Lebih lanjut, Black Soldier Fly sendiri, dikenal sanggup mengurai sampah organik secara cepat. Kemampuan mengurai sampah organik karena di dalam usus serangga ini, terkandung kuman selulolitik. Pasalnya, kuman selulolitik langsung menghasilkan enzim selulase yang berfungsi dalam proses hidrolisis selulosa. Proses hidrolisis selulosa ini merupakan sebuah proses alamiah untuk mengurai limbah organik.

budidaya maggot black soldier fly

Ukuran larva lalat tentara hitam relatif lebih besar dari larva lalat rumah dan lalat hijau. Hasil sekresi maggot black soldier fly dapat digunakan sebagai pupuk ramah lingkungan, dengan kata lain budidaya maggot black soldier fly tidak menghasilkan limbah apa pun (zero waste). Seekor betina black soldier fly sangtalah produktif, sanggup menghasilkan telur kurang lebih 500 hingga 900an. Tingkat hidup larva sangatlah tinggi dan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Maggot atau larva black soldier fly dari menetas hanya memerlukan waktu kurang dari 2 minggu untuk tumbuh menjadi dewasa. Kotoran dari black soldier fly tidak berbau karena di dalam usus terdapat bakteri yang sangat kuat untuk membantu pencernaan. Lalat ini hidup di cuaca panas atau iklim tropis sehingga cocok dengan kondisi Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan indukan black soldier fly karena hanya tinggal mengundang langsung dari alam. Selain dapat menjadi pakan alternatif yang berkualitas, black soldier fly juga sebagai solusi dalam mengolah sampah organik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Demikian ulasan singkat mengenai budidaya black soldier fly, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

cara budidaya lele di buis beton

Budidaya Lele Di Buis Beton

Budidaya lele di buis beton cukup banyak digemari di kalangan para pembudidaya ikan. Apalagi lele …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!