Budidaya Lele Organik No ratings yet.

Budidaya ikan lele organik telah diminati terutama bagi mereka yang telah sukses dalam budidaya ikan konsumsi, dikarenakan umumnya para pembudidaya akan lebih mengetahui peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar.


Saat ini budidaya lele organik telah diminati oleh para pembudidaya yang masih pemula, sebab lele organik dinilai lebih menguntungkan, baik berasal dari segi hasil produksi maupun biaya yang dibutuhkan. Budidaya organik ini dapat menghemat biaya hingga 50% dibandingkan jenis budidaya lele biasanya. Budidaya ini dapat menjadi alternatif bagi para pembudidaya lele yang agar mampu bertahan ditengah tingginya harga pakan pelet.

keunggulan budidaya lele organik

Proses budidaya lele organik ini dapat dimulai dengan cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan kolam terpal. Penggunaan kolam terpal disamping dapat menghemat biaya juga dapat dipindah dengan mudah sehingga tidak menyulitkan para pembudidaya.

Biaya perawatan merupakan faktor yang krusial dalam dunia budidaya sehingga banyak para peternak yang gulung tikar, dengan sistem lele organik ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu masalah pergantian air kolam patut diperhatikan untuk menjaga agar ikan yang dipelihara tidak mati. Namun sistem lele organik memungkinkan para pembudidaya untuk mengganti air namun bila diperlukan cukup seperlunya saja hingga masa panen.

keunggulan budidaya lele organik

Jika selama ini dunia budidaya lele terkenal dengan bau amis yang menyengat maka dengan sistem organik ini lebih ramah lingkungan karena tidak terlalu mengeluarkan bau menyegat yang akan mengganggu lingkungan sekitar. Lele organik juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan lele umumnya sehingga secara bisnis lebih menguntungkan. Selain itu lele organik memiliki masa panen yang lebih singkat karena pertumbuhannya yang lebih baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Kotoran ternak dapat dijadikan pakan tambahan dalam sistem organik ini sehingga selain dapat menghemat biaya pakan juga air limbah kolam dapat digunakan untuk membantu menyuburkan tanah. Keunggulan lain dari lele organik ialah mengandung kadar kolesterol yang rendah serta lebih bergizi tinggi sehingga lebih aman untuk dikonsumsi karena menggunakan pakan alami.

Demikian ulasan singkat mengenai keunggulan budidaya lele organik, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!