Budidaya Lele Di Buis Beton No ratings yet.

Budidaya lele di buis beton cukup banyak digemari di kalangan para pembudidaya ikan. Apalagi lele sendiri menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang paling diminati oleh masyarakat. Buis beton adalah sebutan lain untuk gorong-gorong yang menjadi salah satu bahan bangunan yang umumnya dipakai untuk jembatan. Rupanya selain berguna dalam bidang konstruksi, buis beton atau gorong-gorong ini juga berguna sebagai tempat untuk budidaya ikan lele. Pemakaian buis beton ini bisa menjadi salah satu media alternatif bagi pembudidaya yang tak mempunyai lahan luas untuk sarana kolam. Hal ini juga dapat menjadi alternatif bagi pembudidaya pemula ketika memulai usaha budidaya lele. Tentunya pengaplikasian buis beton relatif lebih praktis, baik dari segi pemeliharaan dan perawatan sampai pada tahap budidaya. Selain itu, buis beton adalah jenis barang yang relatif mudah diperoleh, sebab dipasarkan hampir di seluruh toko bangunan dan material.


cara budidaya lele di buis beton

Pada tahap awal cuma perlu menyiapkan beberapa buah buis beton, karena pada tahap ini bisa dikatakan masa percobaan, apabila berhasil maka tentu bisa ditingkatkan jumlahnya. Selain itu mesti menyiapkan air atau paling tak lokasi budidaya mesti dekat dengan sumber air, karena minimal selama 3 hingga 5 bulan sekali pembudidaya tetap melakukan pergantian air supaya ikan lebih produktif dan bisa berkembang dan tumbuh dengan optimal. Biasanya buis beton mempunyai lubang pada kedua sisinya. Oleh karena itu, maka mesti menutup satu sisinya dengan menggunakan adukan semen akan melekat secara permanen. Sesudah salah satu sisi tertutup maka kemudian bisa diisi air, diamkan air yang berada dalam kolam selama beberapa hari. Hal ini agar supaya nantinya benih ikan bisa beradaptasi dengan air dan lingkungan di dalam buis beton.

cara budidaya lele di buis beton

Permukaan buis beton yang berbentuk lingkaran akan memudahkan oksigen menyebar secara merata. Sehingga tentunya di dalam kolam kita tak akan menemukan area “Dead Zone” yang umumnya terdapat pada kolam yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk mempunyai buis beton yang bagus, pastikan bahwa seluruh permukaannya rapat dan tak bocor, karena apabila terjadi kebocoran maka tentu akan benar-benar merugikan dan membahayakan bagi kelangsungan hidup ikan.

Demikian ulasan singkat mengenai budidaya lele di buis beton, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!