Budidaya Lele Burma No ratings yet.

Bila beberapa waktu lalu sempat populer budidaya lele Masamo, saat ini mulai banyak petani beralih membudidayakan strain lele baru bernama lele Burma. Salah satu keunggulan budidaya lele burma yakni lebih tahan terhadap serangan penyakit.


budidaya lele burma

Keunggulan Lele Burma
Lele Burma merupakan strain lele baru dari hasil kawin silang Clarius gariepinus dari Belanda dengan Claries gariepinus dari Thailand yang didatangkan pada tahun 2009. Masa panen benih lele Burma seitar 45 hari hingga 2 bulan, dan FCR (feed convertion ratio) sekitar 0,8 – 1, berbeda dengan jenis lele lainnya yang mempunyai FCR hingga di atas 1.

Indukan
Indukan lele burma sebaiknya yang berumur 1 tahun agar produksinya normal. Ketika lele burma berusia 8 bulan telah dapat dipijahkan, tetapi nantinya benih yang dihasilkan kurang berkembang optimal. Selain itu, indukan dalam kondisi tidak ada cacat, berkelamin besar memanjang melebihi sirip anal dan berwarna keunguan. Indukan juga harus agresif, bila sirip punggung berdiri ketika disentuh membuktikan ikan sedang mengalami masa seksualitas yang tinggi. Sementara itu, indukan betina yang siap memijah mempunyai ciri-ciri perut besar, perut agak maju dan kepala mendongak, sungut merah dan kelaminnya berwarna merah.

Pemberian pakan
Pakan yang baik untuk indukan lele burma mempunyai kadar protein tinggi di atas 40%. Ikan lele burma dapat diberikan pakan ikan kecil segar. Hal ini karena ikan kecil segar mempunyai kandungan protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan ikan lele burma untuk pertumbuhannya.

Penyakit
Penyakit yang biasanya menyerang ikan lele burma umumnya bersumber dari jamur dan kuman aeromonas sp. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kolam, serta dengan pemberian pakan yang teratur.

Panen
Proses pembibitan ikan lele burma hingga siap jual memerlukan waktu sekitar 45 hari. Panen dapat dilakukan pada pagi atau sore hari ketika temperatur terendah sehingga lele tak stress, dengan menyiapkan tempat penampungan seperti bak plastik.

budidaya lele burma

Salah satu penghambat dalam budidaya lele Burma yaitu cuaca, apalagi jika terjadi hujan terus-menerus. Lele Burma dapat berkembang dengan baik dalam kondisi temperatur air kolam antara 25 hingga 28 °Celcius, serta pH sekitar 7. Bila temperatur tidak dijaga dengan baik maka perkembangan lele akan lambat.

Demikian ulasan singkat mengenai budidaya lele Burma, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!