Budidaya Kutu Air Untuk Pakan Lele No ratings yet.

Dalam budidaya kutu air untuk pakan lele, daphnia dan moina harus mendapatkan perlakukan yang sama sebab habitat hidup, jenis makanan, dan perkembangbiakan mereka relatif sama. Benih kutu air daphnia dan moina bisa diperoleh dari Balai Benih Ikan Air Tawar atau juga dengan mencari di perairan seperti danau, kolam, waduk, sawah atau parit. Kutu air umumnya hidup bergerombol mengambang di permukaan air, memiliki warna cokelat kemerahan. Karenanya untuk mengambil kutu air tersebut seharusnya memakai jaring halus khusus plankton. Kutu air daphnia dan monia dapat dikembangbiakan dalam beragam wadah, seperti kolam atau bak fiber. Kolam yang akan digunakan untuk budidaya kutu air ini sebaiknya kolam tanah atau juga kolam semen dengan dasar tanah dengan luas kolam disesuaikan pada keperluan dan juga sebaiknya tidak terlalu besar untuk memudahkan perawatan. Sesudah kolam siap, setelah itu dasar kolam perlu di kapur terlebih dulu, untuk menetralkan pH tanah dan menekan organisme pantogen.


budidaya kutu air untuk pakan lele

Kol merupakan salah satu media yang paling efektif dalam budidaya kutu air. Selain bahannya yang murah, prosesnya pun mudah karena hanya dengan memasukkan kol ke dalam wadah budidaya maka sudah dapat mendatangkan kutu air yang artinya kita tak perlu sulit-sulit untuk mencari atau membeli benih. Untuk membudidayakan kutu air dengan kol, gunakan saja kol yang hampir membusuk yang dapat dengan mudah kita temukan di pasar-pasar. Dengan kol yang sudah membusuk ini lebih mudah mendatangkan kutu air dibanding mengaplikasikan kol yang masih segar. Masukan air yang sudah diendapkan terpenting dahulu. Lakukan pengisian air secukupnya, jangan terlalu penuh.

Cuci atau bersihkan kol kemudian masukkan ke dalam wadah budidaya. Tutup wadah supaya tak menjadi tempat bertelur nyamuk. Kol yang sudah kita masukkan ke dalam wadah, biarkan selama seminggu. Dalam masa itu kol akan membusuk dan air akan berubah menjadi hitam. Lama-lama air tersebut menjadi bening karena telah terjadi pengendapan. Pada saat itulah kutu air siap dipanen setiap hari menggunakan jaring khusus yang halus.

budidaya kutu air untuk pakan lele

Demikian ulasan singkat mengenai budidaya kutu air untuk pakan lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

cara mengatasai masalah air kolam lele

Cara Mengatasi Masalah Air Kolam Lele

Garam ikan merupakan salah satu bahan yang paling gampang kita peroleh dan harganya pun cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!