Budidaya Ikan Lele. Fakta & Realita

Halo akang-akang semuanya… apa kabar?? mudah-mudahan dalam keadaan yang sehat walfait yah. dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang fakta dan realitas dalam budidaya ikan lele.


Banyak yang diluar sana yang ingin memiliki usaha budidaya ikan lele, karena melihat ikan lele merupakan ikan favorit di indonesia dan ikan lele merupakan ikan tahan banting yang mudah dalam pemeliharaannya.

budidaya ikan lele

Faktanya, yes benar lele merupakan ikan tahan banting yang tahan dalam kondisi terburuk pun. Alhasil banyak yang melirik usaha ini karena melihat sisi mudah dalam memelihara ikan ini. Disisi lain banyak yang melirik usaha ini karena modal yang dibutuhkan dalam usaha budidaya lele relatif terjangkau.

Tapi realita dilapangan tidak seperti itu. Yes benar lele tahan banting, dan ada yang bilang lele di taro comberan aja idup. Iya kalo yang dipelihara sama 10-15 ekor. Sedangkan dalam budidaya lele skala terkecil termasuk dalam kategori budidaya ikan lele adalah 1000 ekor. Nah 1000 ekor ini pasti berbeda perlakuannya, tidak seperti akang memelihara 10-15 ekor. Kualitas air perlu dijaga betul agar lele nyaman hidup di kolamnya. Nah realita yang kedua adalah karena banyak yang menganggap lele itu mudah, mereka yang pemula yang baru memulai usaha budidaya lele ini meremehkan masalah SOP. Karena lele ini dianggap mudah, cara budidaya yang dilakukan juga terkesan asal-asalan. Pemberian pakan seenaknya tanpa ukuran yang jelas, penggantian air yang tidak di kontrol dan pemberian pakan-pakan alternatif yang justru membahayakan lele itu sendiri kalau tidak mengerti cara mengaplikasikannya. Selain itu pemula-pemula yang baru memulai usaha budidaya ikan lele hanya mendapatkan informasi cara budidaya melalui web dan youtube saja. Tanpa memiliki pendamping yang benar-benar bisa mengarahkan bagaimana budidaya lele yang baik.

budidaya ikan lele

Jadi buat akang-akang yang baru memulai usaha budidaya lele, pastikan jangan berfikir budidaya ikan lele itu mudah. Yes memang mudah, asal akang tahu betul bagaimana memulai usaha budidaya lele yang baik. Karena jika akang hanya mendapatkan caranya di web dan youtube saja tanpa memiliki pendamping, dipastikan akang akan mendapatkan kendala di depannya.

Sekian informasi, semoga bisa bermanfaat

Cek informasi tips budidaya lele lainnya disini

Happy faming

BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Umpan Ikan Lele Paling Jitu dan Joss

Umpan ikan lele. Ikan Lele dicirikan dengan kumis dan senjata patil yang sebenarnya yakni sirip …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!