Thursday , 12 December 2019

Budidaya Ikan Lele Dumbo No ratings yet.

Kalau dibandingkan dengan ikan lele lokal, pertumbuhan lele dumbo ini 4 kali lebih cepat sehingga budidaya ikan lele dumbo berkembang pesat di Indonesia. Lele dumbo benar-benar digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, lele dumbo juga merupakan sumber protein hewani dengan harga yang terjangkau, mudah diolah dan bergizi tinggi.


budidaya ikan lele dumbo

Wujud tubuh ikan lele dumbo ini hampir sama dengan lele lokal yakni tubuh yang memanjang, kepala gepeng dan tempurung kepala keras, agak bulat, ukuran mulut besar, kulit licin, tak bersisik dan terdapat bercak di tubuhnya.

Budidaya ikan lele dumbo

Berikut tata sistem budidaya ikan lele dumbo selengkapnya :

Persyaratan Hidup Lele Dumbo
Budidaya ikan lele dumbo dapat dilakukan dalam segala kondisi air dan juga segala macam media pembesaran. Tapi ini tak berarti mutu air dapat diabaikan sebab apabila mutu air bagus, maka pertumbuhan lele dumbo juga kian pesat. Lele dumbo ini bisa berkembang biak di air tawar, air asin atau air rawa. Semakin bagus mutu air, maka hasil budidaya lele akan kian bagus dan juga sehat.

Suhu Budidaya Ikan Lele Dumbo
Untuk suhu terbaik bagi hidup lele dumbo yaitu 26 hingga 32 derajat celcius dan apabila suhu terlalu rendah maka proses pencernaan makanan lele dumbo akan terganggu. Tapi apabila suhu terlalu tinggi atau hangat menyebabkan pencernaan makanan pada lele dumbo akan berlangsung sangat cepat. Walaupun untuk lokasi budidaya lele dumbo tak mempunyai ketentuan khusus sehingga bisa hidup di ketinggian 1000 mdpl. Tapi yang seharusnya dilihat yaitu pH dimana kisaran pH air terbaik berada dikisaran 7 hingga 8.

Syarat Kolam Pembesaran
Untuk tiap meter persegi kolam budidaya ikan lele dumbo bisa dipakai untuk menampung sekitar 100 ekor benih. Tetapi akan lebih baik apabila keadaan kolam tidak terlalu padat supaya lele dumbo tidak gampang sakit.

Tipe Kolam Budidaya Lele Dumbo
Untuk jenis kolam yang dapat dipakai untuk budidaya lele dumbo ini sangat bervariasi seperti kolam semen, kolam terpal dan kolam tanah. Namun dari ketiga jenis kolam tersebut, kolam terpal adalah pilihan paling murah dibandingkan kolam lainnya. Kolam terpal juga lebih gampang dibuat, praktis dan mendukung produktivitas lele dumbo. Bila memakai kolam tanah memang murah dari segi harga pembuatan namun lebih rentan terhadap hama penyakit sehingga hasil budidaya lele dumbo nantinya kurang optimal.

Pengelolaan Air Kolam
Dalam metode ternak ikan lele organik, air yang diterapkan pada kolam jangan diganti sebelum masa panen dan kondisi air mesti tergenang serta hening. Hindari menguras air dengan sirkulasi karena bisa mengurangi kestabilan pH air kolam. Penambahan air bisa dikerjakan sesudah benih lele dimasukkan ke dalam kolam dan sudah diberikan pakan pertama kali.

Pemberian Pakan Lele Dumbo
Ada banyak varian pakan yang bisa diberikan untuk lele dumbo seperti pelet, keong mas, cacing, plankton dan sebagainya. Pakan bisa diberikan sebanyak 5 sampai 6 kali per hari dengan jarak pemberian pakan antara 2 sampai 3 jam sekali. Hindari pemberian pakan dikala hujan karena berpotensi pencemaran zat asam pada pakan yang diberikan.

Panen Lele Dumbo
Dalam cara budidaya ikan lele dumbo ini memerlukan waktu antara 2 hingga 3 bulan. Pada saat panen, jumlah lele dengan berat 1 kg adalah 7 hingga 8 ekor. Untuk panen bisa menggunakan bahan yang halus agar tubuh lele tidak lecet. Surutkan air kolam dahulu lalu pakai serokan untuk mengambil lele dumbo dan masukkan dalam wadah berbahan plastik atau bisa juga mengaplikasikan jaring apabila air kolam masih lumayan banyak.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!