Budidaya Ikan Lele di Kolam Fiber No ratings yet.

Lele merupakan ikan yang mudah dirawat, ikan ini dapat menjadi usaha yang menjanjikan. Bahkan dalam kolam terpal pun, lele bisa berkembang biak cepat. Bisnis lele tetap potensial selama keinginan tetap ada. Orang Indonesia gemar mengkonsumsi lele. Budidaya ikan lele di kolam fiber adalah salah satu pilihan yang tepat untuk budidaya lele karena punya banyak kelebihan. Pertama, kolam fiber diproduksi dalam skala besar dalam berbagai ukuran. Bagi pemula dapat memulai budidaya menggunakan bak fiber ukuran kecil.


Kolam fiber merupakan jenis kolam yang sesuai untuk budidaya lele. Kolam ini, harganya memang cukup mahal, tetapi lebih awet dibandingkan kolam terpal. Hanya perlu membelinya sekali dan dapat dipakai hingga bertahun-tahun. Kolam fiber ini bisa diletakkan di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari. Jadi, para pembudidaya dapat bebas menentukan melakukan budidaya ikan Lele di luar ruangan atau dalam ruangan. Agar lebih tahan lama, maka penting bagi para pembudidaya untuk merawat kolam dengan baik, salah satunya dengan membersihkan kolam secara rutin dan teratur.

budidaya ikan lele di kolam fiber

Kolam fiber tersedia dalam berbagai ukuran sehingga pembudidaya dapat menyesuaikan ukuran kolamnya dengan luas area tempat budidaya ikan lele serta kuantitas benih yang bakal dikembangbiakkan di dalam kolam tersebut. Bagi pembudidaya yang memiliki area budidaya ikan Lele yang terbatas, maka bisa memilih kolam fiber yang ukurannya kecil. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa ketika ikan lele bertambah besar, harus dipindahkan ke kolam yang lebih besar atau membaginya ke dalam beberapa kolam supaya tidak terlalu padat agar pertumbuhannya dapat optimal.

budidaya ikan lele di kolam fiber

Budidaya ikan lele di kolam fiber dapat dilakukan di atas tanah dan ketinggiannya bisa diatur. Kolam ini dapat digunakan untuk pemijahan dan pembesaran. Kolam ini bisa menampung banyak benih tergantung dari ketinggian kolam. Kolam fiber termasuk tipe kolam yang ringan sehingga dapat dengan mudah dipindahkan sesuai kebutuhan.

Kekurangan dari kolam fiber ini adalah harganya yang mahal dibandingkan kolam terpal dan harus sering melakukan pergantian air karena mudah berbau dan cepat kotor.

Demikian pembahasan singkat mengenai budidaya ikan lele di kolam fiber, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

peluang bisnis lele

Peluang Bisnis Lele

Sektor perikanan termasuk sumber daya yang bisa diperbaharui (renewable resources), artinya ketika dimanfaatkan sebagian, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!