Bintik Putih Ikan Lele, Kok Bisa?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin, tentunya mimin disini bakal nambah pengetahuan sahabat sangkuti hari ini mimin bakal jelasin tentang penyakit bintik putih ikan lele. Kira-kira apasih penyebabnya dan apa aja yang perlu dilakukan saat lele mengalami penyakit bintik putih. Yuk kita simakkk bersama penjelasannya sahabat sangkuti.

Serangan penyakit atau hama dapat terjadi kapan saja dan penyebabnya terkadang dari hal-hal yang tidak terduga. Sehingga dalam pemeliharaan ikan lele perlu adanya manajemen terkait penanggulangan penyakit dan hama pada ikan lele. Serangan hama dan penyakit dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Beberapa faktor internal yang dapat menyebabkan serangan hama dan penyakit pada ikan lele diantaranya benih ikan lele yang membawa bibit penyakit, pengaturan air pemeliharaan yang kurang baik, dan pengaturn pemberian pakan yang kurang tepat. Beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan serangan penyakit dan hama pada ikan lele diantaranya iklim, cuaca, sumber air, dan serangan wabah pada tempat pemeliharaan.

bintik putih ikan lele

Hama dalam pemeliharaan ikan lele diartikan sebagai gangguan yang bersumber dari organisme besar yang sifatnya dapat berupa predator, pengganggu, dan pesaing. Hama ikan lele yang memiliki sifat predator ialah musang, katak, dan ular. Hama ikan lele yang bersifat pengganggu yaitu belut pada saat pemeliharaan ikan lele dilakukan dikolam tanah. Belut sering melubangi dibagian pematang sehingga menyebabkan kolam pemeliharaan bocor. Hama ikan lele yang bersifat pesaing ialah ikan gabus atau mujair karena ikan tersebut dapat berkembangbiak melalui saluran pergantian air.

Penyakit yang biasa menyerang ikan lele dapat disebabkan oleh beberapa infeksi yaitu jamur, protozoa, bakteri, dan virus.

bintik putih ikan lele

Penyakit bintik putih atau biasa disebut white spot disebabkan oleh protozoa dari jenis Ichthyphyhirius multifillis. Penyakit bintik putih dapat menyerang hampir  semua jenis ikan air tawar. Pada ikan lele serangan penyakit bintik putih dapat menyerang saat ikan lele masih dalam keadaan benih. Penyakit ini terlihat saat bintik-bintik putih tumbuh pada permukaan kulit dan insang ikan lele. Ciri-ciri yang terjadi saat ikan lele mengalami penyakit bintik putih yaitu ikan lele akan menggosok-gosokkan badannya ke dinding atau dasar kolam. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kualitas air pemeliharaan yang buruk, suhu air dalam pemeliharaan terlalu dingin serta kepadatan ikan dalam kolam yang terlalu tinggi. Jika ikan ini tidak dilakukan penanganan dengan baik akan membuat infeksi jamur menyebar ke seluruh bagian tubuh ikan lele dan akan menyebabkan penularan pada ikan lain sehingga mengakibatkan kematian massal pada ikan lainnya.

Hal yang perlu dilakukan dalam pencegahan penyakit bintik putih yaitu dengan mempertahankan suhu air pemeliharaan ikan lele pada 28 °C. Terkait cara pengobatan ikan lele yang terkena penyakit bintik putih yang dilakukan ialah merendam ikan dalam larutan formalin 25 cc per meter kubik air ditambah dengan malacit green 0,15 gram per meter kubik air selama 24 jam. Pada ikan lele dewasa yang mengalami penyakit bintik putih dalam pengobatannya dilakukan dengan cara memindahan ikan ke kolam dengan suhu kolam pemeliharaan sekitar 28 °C. Selain itu beberapa obat yang digunakan dalam mengobati penyakit bintik putih yaitu dengan menggunakan pengobatan herbal dan penambahan garam ikan pada kolam pemeliharaan ikan. Obat herbal yang digunakan ialah bawang putih dan daun sirih. Bawang putih mengandung zat phytochemical yang dapat membunuh parasit, bakteri, virus, dan jamur. Daun sirih digunakan untuk mengobati benih lele yang terinfeksi penyakit disebabkan bakteri dan jamur. Garam ikan dijadikan sebagai sumber mineral yang mampu meningkatkan kekuatan dan Kesehatan lele. Sehingga penambahan garam dapat membantu ikan lele tidak mudah terkena penyakit yang diakibatkan parasite, jamur, virus, dan bakteri sumber penyakit.

Wahh bagaimana sahabat sangkuti terkait penyakit tersebut, semoga pengetahuan ini dapat membantu sahabat sangkuti dalam proses pemeliharaan ikan. Salam sukses sahabat sangkuti.

Baca Juga: Proses Pembenihan Ikan Lele yang Benar

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍