Bahan Untuk Membuat Kolam Lele Yang Baik

Bahan untuk membuat kolam lele yang baik. Kegiatan budidaya lele dapat menggunakan beberapa wadah seperti akuarium, kolam tanah, kolam beton, kolam fiber, dan kolam terpal. Pada umumnya kegiatan pendederan dan juga pembesaran menggunakan kolam tanah, kolam beton, kolam fiber, dan kolam terpal.


bahan untuk membuat kolam lele yang baik

Kolam tanah adalah kolam yang terbentuk dari tanah, kolam beton en merupakan kolam yang terbentuk dari semen, pasir, dan juga batuan. Kolam fiber adalah kolam yang bahan dasar pembentuknya merupakan serat kaca. Kolam terpal merupakan kolam yang sisinya dilapisi oleh terpal. Wadah berupa akuarium jarang sekali digunakan dalam kegiatan pendederan dan juga pembesaran karena memiliki biaya pembuatan yang mahal apabila dibuat dalam ukuran yang besar. Wadah atau kolam yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing karena setiap wadah terdiri dari bahan yang berbeda. Kolam tanah memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan yang murah, terdapat mikroorganisme yang berasal dari dalam tanah, dan mudahnya terbentuk pakan alami, sedangkan kekurangan yang dimiliki yaitu fondasi kolam yang tidak kokoh atau mudah rusak, kondisi air yang digunakan akan dipengaruhi oleh kondisi tanah, pengkondisian kondisi dasar tanah yang lama, dan kolam tanah tidak mudah untuk dipindahkan. Kolam fiber memiliki kelebihan yaitu bahan serat kaca tidak akan mempengaruhi kondisi air secara langsung, kolam fiber tidak mudah mengalami kebocoran, memiliki bahan yang kokoh tidak mudah rusak, mudah dipindahkan, dan memiliki masa pakai yang lama, kekurangannya yaitu harganya yang mahal dan juga biaya perbaikan yang mahal apabila terjadi kebocoran. Kolam beton memiliki kelebihan yaitu awet, fondasi kolam yang kokoh, dan bahan tidak akan mempengaruhi kondisi air secara langsung, kekurangannya yaitu pembuatan yang mahal, biaya perbaikan yang mahal, dan tidak dapat dipindahkan.

Kolam terpal rangka beton memiliki kelebihan yaitu kokoh, bahan kolam tidak mempengaruhi kondisi air secara langsung, dan mudah dibersihkan, kekurangannya yaitu biaya pembuatan yang mahal dan juga biaya perbaikan rangka yang mahal. Penggunaan kolam terpal dengan rangka bambu memiliki kelebihan yaitu harga pembuatan yang murah, dapat dipindahkan, mudah diperbaiki dan biayanya murah, dan tidak memberikan pengaruh langsung terhadap kualitas air, kekurangannya yaitu mudah rusak. Kolam yang dimiliki oleng sangkuti catfish farm berjumlah 17 kolam yang terdiri dari kolam pembesaran dan pendederan. Kolam pendederan memiliki ukuran panjang kali lebar kali tinggi yaitu 2,5 x 4 x 0,5 m dengan tinggi air sebesar 0,4 m. Kolam pendederan memiliki kapasitas sebesar 5000 (7-8 cm) dan 7000 (5-6 cm). Kolam pembesaran yang ada di Sangkuti Catfish Farm memiliki ukuran untuk kolam terpal rangka beton yaitu panjang kali lebar kali tinggi yaitu 3x2x1m dengan tinggi air 0,7m sedangkan untuk kolam pembesaran bundar yaitu berdiamter 3m dengan tinggi 1m, untuk rangka yang digunakan menggunakan bahan besi wermes dengan ketebalan 6mm dan tepal berbahan semi karet. Pada sangkuti catfish farm terdapat kolam indukan dengan ukuran kolam bundah yaitu tinggi 0,7m dengan diameter 3m. Kolam beton yang ada dilapisi dengan terpal karena lokasi Sangkuti Catfish Farm berada pada daratan miring dan terjadi keretakan sehingga perlu diperbaiki dengan lapisan terpal yang memiliki ketebalan 12 mm. Rangka besi pada kolam bundar memiliki ketebalan 6 mm dengan tujuan untuk mempermudah pembentukan rangka yang berbentuk bundar tersebut. Kolam di Sangkuti Catfish Farm tergolong kedalam kolam outdoor, dikarenakan kondisinya yang terbuka. Kondisi seperti ini menyebabkan kegiatan pendederan dan juga pembesaran sangat dipengaruhi oleh cuaca. Contoh pengaruhnya yaitu, pada saat cuaca hujan ikan akan mengalami penurunan nafsu makan hingga menyebabkan kematian karena perubahan kondisi air yang berubah karena adanya hujan.

Sekian pembahasan mengenai Bahan untuk membuat kolam lele yang baik

Baca juga : ukuran kolam lele yang ideal

BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

apakah air kolam lele perlu diganti

Air Kolam Lele Perlu Diganti ?? Cari Tau disini

Post Views: 2.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!