Bagaimana Cara Agar Kutu Air Awet?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin akan membahas tentang bagaimana cara agar kutu air awet. Yuk kita Bahas bersama-sama sahabat sangkuti! Kutu air merupakan salah satu pakan alami yang biasa diberikan pada benih ikan yang sedang dipelihara. Kutu dijadikan sebagai pakan ikan karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu mencapai 66% sehingga dengan tingginya kandungan protein ini dapat membuat ikan yang dipelihara cepat tumbuh. Selain itu kutu air cukup mudah ditemukan di daerah-daerah Indonesia. Beberapa tempat yang menjadi tempat tinggal kutu air diantaranya sungai, danau, waduk, dan sawah.

cara agar kutu air awet

Kutu air merupakan hewan kecil yang hidup di air tawar termasuk klasifikasi zooplankton. Tubuh kutu air menyerupai udang dan ukuran tubuh yang sangat kecil. Ukuran tubuh yang dimiliki kutu air berkisar 0,2-5,0 mm serta memiliki tubuh transparan. Kutu air memiliki warna tubuh kemerah-merahan atau hijau dan kutu air memiliki kebiasaan bergerombol atau berkelompok di area air tertentu. Beberapa jenis kutu air yang biasa dijadikan sebagai pakan ikan diantaranya moina, daphnia, dan chydorus. Secara umum tingkah laku kutu air yaitu kutu air mudah tertarik dengan cahaya sehingga pada malam hari kutu air sering tenggelam ke dasar air kolam.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah agar kutu air tetap awet.

  • Manajemen Kolam

Beberapa jenis kolam yang biasa digunakan untuk memelihara kutu air diantaranya kolam tanah, kolam semen, dan kolam terpal. Hal yang diperhatikan agar kutu air awet yaitu keadaan kolam yang direkomendasikan adalah kolam outdoor dengan keadaan terkena cahaya matahari langsung, ini sesuai dengan tingkah laku kutu air secara alami yang menyukai cahaya. Kemudian jenis kolam terbaik untuk pemeliharaan kutu air sebaiknya kolam tanah dikarenakan kolam tanah lebih menyerupai habitat asli dari kutu air.

  • Pengapuran

Sebelum dilakukan pemeliharaan kutu air sebaiknya kolam yang akan ditebari bibit kutu air diberi kapur. Manfaat penggunaan pupuk yaitu dapat menetralkan pH tanah yang dapat menekan organisme pathogen sehingga dapat mencegah kematian kutu air. Penggunaa kapur dilakukan dengan cara mengeringkan kolam terlebih dahulu selama 1 sampai 3 hari serta penggunaan dosis kapur berkisar 1-2 kg/m2.

  • Penggunaan Pupuk

Langkah selanjutnya yang dilakukan agar kutu air awet yaitu penggunaan pupuk pada kolam pemeliharaan kutu air. Penggunaan pupuk pada kolam kutu air bermanfaat untuk menimbulkan plankton-plankton yang berguna sebagai pakan kutu air. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dengan takaran 2 Kg/m2. Penggunaan pupuk dilakukan dengan cara pupuk didiamkan hingga 3 hari sebelum ditebari bibit kutu air.

  • Pengisian Air

Pengisian air merupakan kegiatan yang dapat mempengaruhi kutu air menjadi awet atau tidak karena Langkah pengisian air dapat mempengaruhi lingkungan hidup dari kutu air yang dipelihara. Setelah proses pemupukan dan pengapuran dilakukan metode pertama yang dilakukan untuk pengisian air kolam yaitu pertama-tama setinggi 30 cm. Setelah dilakukan hal tersebut kolam yang berisi air didiamkan selama 3-5 hari sampai air kolam menjadi keruh dan berwarna cokelat. Jika air kolam sudah berwarna cokelat dan keruh hal ini menandakan adanya plankton-plankton didalam kolam telah berkembang. Kemudian dilakukan pengisian air kolam yang kedua dengan mencapai tinggi 50 cm. Hal ini berarti kolam sudah siap ditebari bibit kutu air.

Waah bagaimana sahabat sangkuti terkait artikel cara agar kutu air awet ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan semangat sahabat sangkuti untuk berbudidaya sahabat sangkuti.

Baca Juga: Penyakit Lele Bengkok

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Bibit Ikan Gurame, Langkah Budidayanya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍